Peringati HPN 2018, Wartawan Temanggung Gelar Aksi Peduli Lingkungan

:


Oleh MC Kab. Temanggung, Minggu, 11 Februari 2018 | 08:58 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 732


Temanggung, Infopublik - Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2018,  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bersama Forum Jurnalis Temanggung (FJT) melakukan aksi peduli lingkungan, dengan menanam 30 batang pohon serta menebar 11 ribu benih ikan.

30 batang pohon yang ditanam adalah pohon jenis Damar dan pohon Pucuk Merah.

Adapun aksi menebar bibit ikan dilakukan di Kali Galeh yang berada di sekitaran Jembatan Sekrikil Desa Sidorejo, Parakan Temanggung, Sabtu (10/2). Jenis ikan yang ditebar di sungai yakni ikan nelem dan ikan koi.

Aksi peduli lingkungan ini dioptimalkan melalui kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung dan juga Mina Papilon.

HPN yang diperingati setiap tanggal 9 Februari tersebut, memberikan motivasi terhadap rekan-rekan media untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli dan mencintai lingkungannya.

"Melalui kegiatan ini kami mengajak masyarakat untuk mencintai lingkungannya. Misal dengan penebaran benih ikan tersebut kita berharap dapat menjaga ekosistem di sungai. Selanjutnya untuk penanaman pohon sendiri dapat menambah suasana penghijauan di sekitaran sungai,” jelas Heru Suyitno selaku Ketua PWI Temanggung.

Heru juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan buang sampah sembarangan, terutama di area sungai agar ekosistem yang ada di area sungai tetap terjaga.

Selain itu, Temanggung yang juga merupakan daerah tangkapan air, diharapkan setelah dilakukan penanaman pohon tersebut dapat menjaga kestabilan pada air tanah.

Selanjutnya, masih dalam rangkaian peringatan HPN 2018, direncanakan dalam waktu dekat PWI dan FJT juga akan melakukan bhakti sosial ke panti asuhan di wilayah Temanggung. (MC TMG/Penulis Ria/Foto Coeplis/Editor EJP)