Presiden Dukung Rencana Pembangunan Museum Adinegoro

:


Oleh Wawan Budiyanto, Sabtu, 10 Februari 2018 | 13:47 WIB - Redaktur: Juli - 322


Padang, InfoPublik - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah sangat mendukung pembangunan Museum Adinegoro di Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar).

Presiden Jokowi bersama rombongan mengunjungi rumah keluarga dari tokoh pers yang sangat dikagumi, yakni Djamaluddin Adinegoro di Talawi pada, Kamis Sore (8/2).

“Saya berkunjung ke rumah keluarga besar dari tokoh pers yang sangat kita kagumi Alm. bapak Jamaludin Adinegoro yang berada di Kecamatan Talawi, di Kota Sawahlunto. Rumah tersebut sudah tidak ada, hanya tinggal pondasinya memiliki luas 2.459 meter persegi. Di situ beliau (bapak Jamaludin Adinegoro) lahir dan dibesarkan,” kata Presiden, di Padang, Jumat (9/2).

Dijelaskan Presiden, terlahir dengan nama Djamaluddin Gelar Datuk Maradjo Sutan dan nama pena Adinegoro, karya sastra Djamaludin Adinegoro yang terkenal dan melegenda adalah 'Darah Muda', 'Asmara Jaya', 'Melawat ke Barat. Warisan berharga beliau lainnya adalah atlas pertama Indonesia dan ensiklopedia berbahasa Indonesia pertama.

Kehadiran Jokowi tidak hanya sekedar memberi sertifikat yang sudah lama tak bisa diselesaikan. Menurut dia, dari keluarga Adinegoro menyampaikan lahan yang ada akan digunakan untuk Museum Adinegoro.

"Pemerintah akan mendukung penuh pembangunan museum tersebut, dan kelak museum itu, kita dapat mengenal karya-karya dan jejak langkah beliau sebagai wartawan maupun sebagai sastrawan yang begitu besar perannya dalam memajukan pers Indonesia, pers yang bertanggung jawab dan pers yang menggalang persatuan bangsa,” tegas Presiden.