Perindo Akan Kelola Pasar Ikan Modern Muara Baru

:


Oleh Baheramsyah, Jumat, 9 Februari 2018 | 14:09 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 4K


Jakarta, InfoPublik - Perum Perikanan Indonesia (Perindo) akan mengelola Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara. Direktur Utama Perindo Risyanto Suanda mengaku telah melakukan studi pengelolaan pasar ikan di sejumlah negara maju, salah satunya Korea Selatan.

Dari hasil studi tersebut, ia optimistis Perindo mampu mengelola Pasar Ikan Muara Baru sehingga dapat menjadi pasar yang higienis, nyaman, dan modern. "Pasar Ikan Muara Baru tidak hanya akan menjadi sumber pendapatan baru Perum Perindo, tapi sekaligus menjadi etalase perikanan nasional, sebagai diminta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti," ujarnya, lewat keterangan tertulis, Jumat (9/2).

Risyanto menyebut, Perindo akan segera menyusun rencana aksi yang lebih konkret untuk pengelolaan Pasar Ikan Modern Muara Baru. Ia berencana mengintegrasikan pasar tersebut dengan fasilitas dan aktivitas yang sudah ada di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman (PPSNZ) Muara Baru yang juga dikelola Perum Perindo.

Sebelumnya, saat memimpin seremoni groundbreaking Pasar Ikan Muara Baru, Menteri Susi menyampaikan harapannya agar Perindo mampu mengelola pasar tersebut dengan baik. "Kalau got bau, (ada) hukuman dari Kementerian," ujarnya.

Susi juga menargetkan Pasar Ikan Muara Baru dapat menjadi proyek percontohan bagi pasar ikan modern lain yang akan segera dibangun di sejumlah daerah.

Pasar Ikan Modern Muara Baru dibangun di atas lahan seluas 2,2 hektare di bekas Gedung Badan Diklat Kementerian Kelautan dan Perikanan. Rencananya, pasar tersebut akan memiliki empat lantai dan diisi oleh sekitar 900 kios.

Sebelumnya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti  di acara peletakan batu pertama proyek pembangunan pasar ikan modern di Jalan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara menyatakan, Ia berencana membangun pasar ikan modern di kota-kota besar Indonesia. Hal ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah untuk mendistribusikan hasil tangkapan nelayan yang melimpah.

"Saya ingin membangun kalau bisa di setiap kota, setiap di atas 100 ribu penduduk ada satu pasar ikan modern. Kami ingin membangun di kota besar lantaran penduduknya banyak," kata Susi.

Dengan adanya pasar ikan modern, lanjut Susi, pedagang lebih nyaman berjualan. "Semoga pasar ini menjadi lebih ramah kepada pedagang, ramah kepada penjual. Disini juga enggak hanya ikan laut, tapi ikan air tawar, juga bawal, gurame, dan lain-lain," tandasnya.