Menpar Minta Sumbar Siap dengan Komitmen Majukan Pariwisata

:


Oleh Untung S, Jumat, 9 Februari 2018 | 08:02 WIB - Redaktur: Juli - 339


Padang, InfoPublik - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meminta Sumatera Barat (Sumbar) harus siap dengan komitmen untuk memajukan pariwisata secara nasional dan internasional, agar bisa memetik manfaat dari pertumbuhan sektor pariwisata yang begitu signifikan.

"Sumbar punya potensi alam dan budaya yang berlimpah. Sumbar harus siap dengan komitmen untuk memajukan pariwisata dalam upaya mensejahterakan masyarakat,” kata Menpar Arief Yahya ketika berbicara  dalam Seminar Nasional bertema Menata Potensi Wisata dan Dukungan Infrastruktur Menuju Industri Pariwisata yang Modern, dalam rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) di Hotel Grand Inna, Padang, Kamis (8/2). 

Menpar kembali menegaskan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar dan sudah mulai diperhatikan dunia, terbukti dengan berbagai awards. Menpar mendorong Pemda Sumbar sebagai CEO, khususnya Kadispar, untuk mencapai pertumbuhan yg lebih tinggi dari pasar dan regional, jika Indonesia tumbuh 22 persen, maka Sumbar harus tumbuh lebih dari itu. 

Menpar juga menekankan pentingnya Digital Tourism, Sharing Economy, Komitmen CEO, Indonesia Incorporated (Sumbar Incorporated), menjadikan Pariwisata sebagai leading sector. Perayaan HPN di Sumbar harus dijadikan momentum, belajar dari pengalaman suksesnya Perayaan HPN di Mandalika 2 tahun lalu yang mampu meningkatkan investasi.

Menkomar yang juga turut hadir sebagai Keynote Speech dalam Seminar Nasional tersebut mengungkapkan, tingkat kepercayaan dunia investasi dan kepercayaan publik terhadap Pemerintah membaik, bahwa Indonesia harus mengejar ketinggalan dari negara lain, jangan mementingkan diri sendiri, harus memikirkan kepentingan nasional.

Kemudian di tempat yang sama, Menpar Arief Yahya turut menandatangani Komitmen Sumatera Barat untuk Memajukan Sektor Pariwisata. Komitmen yang berisikan 12 poin sebagai penegasan kesungguhan Sumbar dalam memajukan sektor pariwisata. Turut hadir dalam penandatanganan komitmen tersebut antara lain; Sekjen Dephub (Sugihardjo), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Luhut Binsar Panjaitan), Menteri Pariwisata (Arief Yahya), Wagub Sumbar (Nasrul Abit), Penanggung Jawab HPN 2018 (Margiono), Ketua DPRD Sumbar (Hendra Irwan Rahim), dan  Mantan Ketua PWI Sumbar (Basril Basyar). 

Pariwisata Sumbar tahun lalu dikunjungi sebanyak 56.313 wisatawan mancanegara (wisman) dan 7,7 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisman), sedangkan tahun 2018 ini mentargetkan kedatangan 75.000 wisman dan 8 juta pergerakan wisnus, dan akan meningkat menjadi 100 ribu wisman dan 8,5 juta wisnus pada 2019 mendatang.