SDN Paringin Selatan 1 Menuju Adiwiyata Mandiri Nasional 2018

:


Oleh MC Kabupaten Balangan, Senin, 5 Februari 2018 | 16:04 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 387


Paringin, InfoPublik - SDN Paringin Selatan 1 kini bersiap untuk diusulkan menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri Nasional 2018, hal ini sesuai surat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diterima beberapa waktu lalu oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam surat itu ada beberapa syarat administrasi untuk diajukan menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri Nasional 2018, kini dokumen maupun dokumentasi persyaratan tersebut terus dikejar oleh SDN Paringin Selatan 1.

Tidak tanggung-tanggung, Kamis (1/2) Tim Adiwiyata Kabupaten Balangan dari Dinas LH dan Dinas Pendidikan melakukan pendampingan di SDN Paringin Selatan 1. Dalam pendampingan tersebut tim melakukan analisis syarat teknis untuk pengajuan Adiwiyata Mandiri Nasional 2018, mulai dari pembenahan RPP dan silabus yang terkait dengan PPLH, maupun dokumentasi kegiatan juga dianalisis.

Kepala Dinas LH Balangan, Musa, Minggu (4/2) membenarkan tim melakukan pendampingan khusus kepada SDN Paringin Selatan 1 untuk menuju Adiwiyata Mandiri Nasional 2018.

Menurutnya, dalam pendampingan tersebut, salah satu yang dikejar adalah dokumentasinya yaitu Inovasi Pembelajaran LH oleh Guru SDN Paringin Selatan 1 yang harus dikomunikasikan melalui Radio dan Majalah.

"Pada point penilaian ini kita ingin maksimal nilainya, karena setelah kami analisis merujuk data Calon Sekolah Adiwiyata Mandiri Nasional tahun lalu yang tidak lolos, ada sekolah yang pada point penilaian ini tidak maksimal, sehingga mengagalkan mereka untuk menuju Adiwiyata Mandiri Nasional 2017," ungkapnya.

Lebih lanjut, saat ini tim berkordinasi dengan Radio Sehati dan Majalah Sanggam terbitan Humpimpro Setda Balangan, semoga dalam minggu ini mendapatkan hasil yang diharapkan.

Adapun batas akhir penyerahan berkas untuk penilaian adalah 9 Februari 2018, hingga saat ini pun SDN Paringin Selatan 1 dan beberapa Tim Adiwiyata Balangan dari Dinas LH masih bekerja untuk melengkapi syarat dan dokumen yang diperlukan.

"Kami mengingatkan dan berpesan kepada Sekolah SDN Paringin Selatan 1 dan Tim Adiwiyata Kabupaten Balangan untuk melakukan yang terbaik, agar tujuan kita bersama tercapai, selain mengangkat nama daerah Balangan di nasional juga sebagai wujud visi misi Bupati Balangan yaitu peningkatan SDM," tutupnya. (MC Balangan/Bpostonline/ME/Elvira)