Desa Gadu Barat Galakkan Gotong Royong Bersih Desa

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Kamis, 1 Februari 2018 | 17:36 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 3K


Sumenep, InfoPublik -  Pemeritah Desa Gadu Barat, Kecamatan Ganding bersama warga masyarakat bergotong royong, membersihkan sekaligus melakukan pelebaran saluran air guna mengantisipasi genangan saat musim penghujan.

Kepala Desa Gadu Barat, Taufik, Kamis (1/2) mengatakan, pihaknya sengaja membersihkan saluran air termasuk melebarkan saluran air karena genangan hujan yang tidak mengalir bisa merusak aspal jalan.

“Kami bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan warga masyarakat tentu menginginkan infrastruktur jalan di Desa bisa dijaga, agar tidak mudah rusak, terutama akibat genangan aiar hujan, sehingga bersama-sama mengadakan kerja bakti yang dilakukan setiap hari Minggu pukul 7.30 hingga 11.00 WIB,” tuturnya.

Taufik mengungkapkan jika gotong royong bersama masyarakat ini telah dilaksanakan di sejumlah lokasi dan pihaknya telah menjadwalkan pelaksanaan kerja bakti desa dilakukan secara bergiliran dari Dusun ke Dusun.

“Hingga saat ini, kerja bakti itu telah dilakukan di Dusun Talambung Daja, Dusun Talambung Laok, Dusun Mandala Timur, Dusun Mandala Barat, dan Dusun Perigi Barat. Sedangkan Minggu berikutnya giliran Dusun Perigi Timur, dan Minggu terakhir Dusun Sumber,” katanya.

Kegiatan gotong royong ini merupakan hasil musyawarah aparatur desa bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam pertemuan rutin setiap setengah bulan sekali di Balai Desa. Hasilnya, ternyata warga Desa sangat antusias untuk peduli lingkungan bersih, dan menjaga program pemerintah agar tidak mudah rusak.

"Masyarakat menyambut baik kegiatan kerja bakti itu, dan kami melalui kegiatan itu ingin menghidupkan kembali budaya gotong royong di tengah tengah masyarakat, guna membanguan Desa,” pungkasnya. (Yasik/Esha/Fer/TR)