Alfamart Dukung Pelayanan Posyandu di Kelurahan Pekat

:


Oleh MC Kab. Sumbawa, Selasa, 30 Januari 2018 | 10:48 WIB - Redaktur: Kusnadi - 886


Sumbawa Besar, InfoPublik – Kesepakatan kerjasama antara Kelurahan Pekat, Kecamatan Sumbawa, dengan Manajemen Alfamart dalam mendukung pelayanan Posyandu dilaksanakan pada Rabu pagi (24/1) di Alfamart Pekat Sumbawa.

Hadir pada acara tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumbawa, Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa, Camat Sumbawa, Manager Alfamart wilayah Sumbawa Bima, para Lurah, dan Kader Posyandu.

Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Sumbawa Hj. Amien Rahmani Husni Djibril dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Lurah Pekat beserta jajaran dan segenap Manajemen Toko Alfamart Pekat, atas inisiatif, perhatian dan kepedulian terhadap kaum ibu, anak-anak dan balita di lingkungan Kelurahan Pekat.

Menurut Ketua TP PKK Kab. Sumbawa, kegiatan tersebut sangat mendukung salah satu dari 10 program pokok PKK Kabupaten Sumbawa, yaitu memberikan perhatian khusus pada kesehatan ibu dan anak, pasangan usia subur, ibu hamil dan ibu menyusui melalui pos pelayanan terpadu dengan bantuan kader-kader posyandu yang terlatih.   

Disampaikan pula bahwa keberhasilan daerah dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi tersebut tentu saja tidak terlepas dari peran dan upaya seluruh stakeholder, baik dinas atau instansi terkait, Tim Penggerak PKK, Perangkat Desa atau Kelurahan, para kader kesehatan, masyarakat maupun pihak swasta dalam menyelenggarakan program posyandu secara menyeluruh.

“Alhamdulillah, sesuai dengan tema  Posyandu, “Keluarga Sehat, Keluarga Cerdas, Sumbawa Hebat dan Bermartabat,” kita patut bersyukur,  sebagai bentuk pelayanan kesehatan tingkat dasar yang langsung bersentuhan dengan masyarakat level bawah, Posyandu telah mampu mendukung upaya pemerintah daerah dalam mengatasi berbagai permasalahan gizi buruk, kurang gizi dan busung lapar, termasuk persoalan kesehatan ibu dan anak di Kabupaten Sumbawa yang kita cintai ini,” lanjut Ketua TP PKK.

Hj. Amin Rahmani berharap kepada seluruh kader Posyandu untuk terus meningkatkan kapasitasnya sebagai kader yang profesional, memiliki kompetensi, semangat dan dedikasi yang tinggi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Meski kompensasi dalam bentuk finansial bukanlah tujuan utama para kader, namun yang patut diappresiasi adalah langkah maju Pemerintah Daerah saat ini mewajibkan para Kepala Desa untuk menganggarkan insentif bagi kader posyandu minimal sebesar Rp.350.000  per bulan dalam APBDES.

Pada akhir sambutannya, Hj. Amien berjanji untuk berusaha menaikkan insentif petugas Posyandu yang ada di Kelurahan, minimal dapat disama ratakan dengan insentif petugas Posyandu yang ada di Desa.

Sementara itu, Lurah Pekat Drs. Abdul Rahman dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut terinspirasi dari keprihatinan parakader Posyandu, sebelum Alfamart menyatakan partisipasinya, dimana antusiasme warga masyarakat untuk datang ke Posyandu semakin berkurang.  Bahkan, tak jarang para kader sendiri datang menjemput langsung ibu dan anaknya untuk dibawa ke Posyandu.

Disampaikan pula bahwa kegiatan tersebut merupakan kedua kalinya Alfamart ikut serta berkontribusi dalam pelayanan Posyandu. Sebelumnya pernah dilaksanakan pada akhir Tahun 2017 yang lalu, bertempat di Alfamart Jalan Tongkol.

Dalam kegiatan kali ini, Alfamart telah menyiapkan kurang lebih 200 bingkisan dan makanan tambahan untuk anak-anak dan balita, beberapa bingkisan untuk kader-kader dan tim medis, bahkan beberapa paket hadiah bagi anak-anak dan ibu-ibu yang berbelanja di Alfamart hari ini, minimal 10 ribu.

Dilaporkan pula, ke depan Alfamart dalam kerjasamanya dengan Kelurahan Pekat, akan mensupport setiap pelaksanaan kegiatan Posyandu di Kelurahan Pekat, dalam waktu dekat akan terbentuk 2 Posyandu, satu diantaranya Posyandu Lansia bapak ibu purnawirawan yang anggotanya terdaftar sebanyak 119 orang dan yang kedua  Posyandu yang berada di RW. 05.

Juga akan melaunching dan membuka pusat kuliner masakan dan jajanan khas Sumbawa yang bertempat di sepanjang Jalan Puncak Ngengas dan Jalan Batu Pasak yang tergabung dalam koperasi, setiap Sabtu dan Minggu pagi akan car free day  dan senam masal di lapangan Masjid Nurul Huda, dan di Lingkungan Karang Cemes akan akan dibuka wisata sungai dengan menyajikan Kampung Warna Warni yang merupakan komitmen sebagai inovasi proyek perubahan Alfamart untuk menghilangkan karang cemes dari kampung kumuh menjadi Kampung Wisata Kota Sumbawa.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian bingkisan dan makanan tambahan kepada anak-anak dan balita oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumbawa. (ra/mckabsumbawa/Kus)