Wabup Rohul Minta Pendamping Desa Lebih Aktif Bantu Mengelola DD

:


Oleh Prov. Riau, Jumat, 12 Januari 2018 | 09:45 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 191


Rokan Hulu, InfoPublik-Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman, buka ‎sosialisasi pelaksanaan pengelolaan Dana Desa (DD) tahun 2018, sekaligus persiapan kunjungan presiden RI ke Kabupaten Rohul.

Kegiatan yang ditaja oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Rohul, dihadiri seluruh Kepala Desa (Kades) dan Camat di Rohul, yang digelar di Convention Hall Islamic center, Kamis (11/1).

‎Wabup Rohul, H. Sukiman dalam arahannya mengatakan, dirinya meminta ke seluruh pendamping desa bisa aktif dalam membantu pihak desa dalam mengelola DD yang jumlah nya besar, serta rentan terjadinya tidak pidana Korupsi di desa.

Tambah Wabup, dimana peran pendamping desa sangat dibutuhkan dalam mengelola DD, sehingga apa yang direncanakan dalam APBdesa dan RAB bisa berjalan dengan lancar dan tepat sasaran.

"Saya meminta, agar pendamping membantu Kades dan perangkatanya, dalam mengelolaan DD. Jangan sampai pendamping tidak memberikan atau membimbing," imbau Wabup.

Jelas Wabup lagi, pendamping desa tentunya sangat paham dalam membantu pengelolaan DD, pasalnya pendamping telah mengikuti penataraan atau pelatihan terkait pengelolaan dana desa yang berbasis elektronik.

Sukiman juga meminta, agar pendamping dan desa bisa bersinergi dalam mengelola DD yang jumlahnya besar, jangan sampai pengelolaan DD terbuang sia-sia atau tidak tepat sasaran, bahkan terjadinya penyimpangan. 

"Kades dan pendamping harus  bersama-sama membangun desa jangan samapai kegiatan itu nanti menjadi temuan, sehingga menghambat pembangunan desa," terangnya.

Kemudian, terkait pengelolaan DD juga perlu dilakukan peningkatanan pengetahuan melalui penataraan dan sosialisasi yang digelar. Karena, penyimpangan terjadi karena ketidak tahuan desa dalam mengelola dan mempertanggungjawabkan DD yang telah diberikan.

Berharap kedepannya, tidak ada Kades di Rohul yang terjerat dalam permasalahan DD, untuk itu ia meminta kepada seluruh perangkat desa untuk berhati-hati dalam mengelola, selalu bekerjasama‎, jika tidak paham segera berkonsultasi kepada dinas terkait.

Wabup Sukiman mengaku bangga, karena Rohul masuk kedalam 10 besar terbaik seluruh Indonesia dalam pengelolaan keuangan DD.

"Ini sudah bagus, diseluruh Indonesia kita berhasil masuk 10 besar, tentunya ini harus di tingkatkan sehingga lebih baik lagi ke depan," harapnya.(MC Riau/sal/eyv)