Jakarta, InfoPublik - Setelah sukses dilaksanakan tahun lalu, program promo hot deals untuk menggenjot kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) cross border khususnya dari Singapura dan Malaysia ke Batam dan Bintan dilanjutkan dan ditingkatkan pada tahun ini. 

Kunjungan wisman lintas batas (cross border)  pada tahun ini diharapkan akan memberikan kontribusi besar dalam pencapaitan target kedatangan wisman  yang tahun ini ditetapkan sebesar 17 juta wisman. 

Asdep Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kemenpar Rizky Handayani, dalam keterangan resminya, Kamis (11/1) mengatakan, hasil evaluasi pelaksanaan program hot deals 2017 yang melibatkan operator ferry dan  industri pariwisata di Batam dan Bintan, Provinsi Kepulaun Riau (Kepri) pada tahun lalu menunjukkan hasil cukup memuaskan.

“Paket yang terjual (termasuk tiket ferry) dari tanggal 21 Juli hingga 31 Desember 2017 mencapai 102.589 dengan total transaksi sebesar Rp88,5 miliar,” kata Rizky Handayani.

Program hot deals 2017 melibatkan 3 operator ferry (BatamFast, Majestic, BintanFerries) yang melayani rute Singapura ke Batam & Bintan  dan 3 operator ferry (Citra, Indomas, Pintas)  Johor ke Batam & Bintan  dengan total penjualan sebanyak 105.000 tiket, dan 82 industri pariwisata  (Hotel & Resort; Tour & Travel; Golf Course; serta Spa & Wellness)  di Kepri dengan membuat 258 paket wisata.  

Untuk mensukseskan program tersebut Kemenpar bersama stakeholder pariwisata Kepri melakukan strategi BAS (Branding, Advertising, dan Selling) dengan kegiatan antara lain; ferry wraping  pada 15 ferry rute Singapura menuju Batam-Bintan dan 3 ferry rute Johor menuju Batam-Bintan; menyelenggarakan familiarization trip mengundang media suratkabar, media sosial, dan blogger; maupun  media placement; launching program;  dan press conference dan consumer selling di lokasi strategis antara lain; Harbourfront Mall & Chinatown Point (Singapura) dan AEON Mall Kulai Jaya, AEON Mall Dato Onn, City Square, dan AEON Mall Tebrau (Johor Baru).