Pemkab Bone Bolango Komitmen Perhatikan Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Selasa, 9 Januari 2018 | 20:32 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 813


Bone Bolango, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo berkomitmen untuk terus memuliakan dan memberikan perhatian khusus kepada anak yatim, kaum dhuafa, dan anak terlantar.

Salah satu bentuk perhatian sekaligus memuliakan anak yatim tersebut, dengan menggelar khitanan massal sebanyak 147 orang anak yatim, anak kaum dhuafa, dan anak terlantar, bertempat di Pondopo Banthayo Rumah Dinas Bupati Bone Bolango, Selasa (9/1).

Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan memberikan perhatian kepada anak-anak yatim, anak kaum dhuafa, dan anak terlantar, ini merupakan bagian dari kewajiban pemerintah. Karena di UUD 1945 itu sudah jelas, bahwa fakir miskin dan anak-anak terlantar di pelihara oleh negara dan mereka harus mendapatkan bagian dari kebijakan maupun anggaran dari pemerintah.

"Tentu dalam kegiatan ini, tidak semata kita menggunakan anggaran APBD. Ini juga bagian dari kebersamaan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Bone Bolango. Kita sepakat setiap tahun itu harus ada Hari Anak Yatim (HAY). HAY ini, tentu kita dedikasikan sebagai hari untuk memuliakan anak yatim, walaupun pada faktanya setiap hari juga kita memuliakan dan melayani anak-anak yatim tersebut,” kata Hamim Pou.
Hamim pun berharap lewat kepedulian Pemkab Bone Bolango bersama jajaran ASN Bone Bolango terhadap anak yatim, ini akan membawa daerah Bone Bolango tambah berkah, rezeki, aman, dan damai.

“Jadi kita di Bone Bolango punya Hari Anak Yatim (HAY), yakni setiap tanggal 11 Januari. Dan mudah-mudahan HAY ini tetap diteruskan dan dilaksanakan oleh pemerintah daerah Kabupaten Bone Bolango di masa-masa yang akan datang, pasca dirinya sudah tidak jadi Bupati di Bone Bolango lagi,” ujarnya.

Hamim memiliki keyakinan, bahwa untuk menyelamatkan daerah ini dari bala’a dan bencana, tentunya ini tidak luput dari do’a dari anak-anak yatim, kaum dhuafa, dan anak-anak terlantar. Karena itu, Hamim pada kesempatan itu, meminta kepada do’a anak-anak yatim, kaum dhuafa, dan anak terlantar yang baru saja khitan tersebut, agar didoakan tetap sehat, banyak rezeki, sukses dan berhasil membangun Bone Bolango, serta tetap sayang sama anak yatim, anak dhuafa, dan anak terlantar.

Hamim mengaku bersyukur di tahun ketiga peringatan HAY di Bone Bolango mendapat antusias yang luar biasa. Hamim mengaku awalnya, untuk pelaksanaan khitanan termasuk pembeatan massal itu baru puluhan anak yatim, anak kaum dhuafa dan anak terlantar yang ikut, tapi saat ini sudah mencapai ratusan anak yang dikhitan begitu juga yang akan dibeat itu sudah terdaftar sudah hampir 200 anak gadis.

Hamim menambahkan nanti pada tanggal 11 Januari, mereka yang dikhitan ini akan berkumpul bersama dengan anak-anak yatim yang belum dikhitan atau belum di beat, termasuk yang sudah di khitan dan di beat.

”Mereka akan berkumpul pada puncak peringatan HAY tanggal 11 Januari, yaitu makan malam lesehan bersama 1.000 anak yatim se Bone Bolango,” tambahnya.

Selain itu, para anak yatim ini akan mendapatkan santunan dari APBD dan juga santunan yang disiapkan oleh ASN Bone Bolango berupa peralatan pendidikan, pakaian seragam, sepatu, tas, alat tulis, buku, pensil, pulpen, mukena dan baju koko.

Disamping itu, seluruh ASN di Bone Bolango sudah sepakat menyisikkan uang Rp25 ribu-Rp100 ribu setiap bulannya ke rekening masing-masing anak yatim.

”Hampir 2.000 anak yatim yang kita disantuni oleh ASN yang ada di Bone Bolango, dimana setiap bulan akan di transfer ke masing-masing rekening anak yatim tersebut, berkisar Rp25-100 ribu. Itu yang dilakukan ASN yang ada di Bone Bolango untuk memuliakan anak yatim tersebut,”ungkap Hamim Pou.

Kegiatan ini sangat luar biasa, dimana kita menggembirakan anak yatim dan memberi mereka bantuan.”Semoga dengan tujuan mulia kita ini, Insya Allah Bone Bolango mendapatkan berkah dari Allah SWT,” tandas Hamim Pou.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bone Bolango, Meri Ngadju, menjelaskan khitanan dan pembeatan massal bagi anak-anak yatim, kaum dhuafa, dan anak terlantar ini merupakan program Bupati Bone Bolango Hamim Pou. ”Jadi ini program gratis dari Pak Bupati Hamim Pou yang setiap tahunnya dilaksanakan di Bone Bolango,” jelasnya.

Dia mengatakan pelaksanaan khiatan dan pembeatan massal tahun ini mengangkat tema Anak Yatim Ceria Menuju Generasi Cemerlang.  (MC Bone Bolango/Hms/Kadir/vira)