Malang, InfoPublik - Wakil Bupati (Wabup) Malang, Drs H.M Sanusi MM menghadiri serta membuka secara resmi acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Malang tahun 2017 di Hotel Regent's Park Malang, Jumat Petang (22/12).

Dalam kesempatan kali ini Wabup juga didampingi Ketua MUI Kabupaten Malang, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Malang, Kepala Bagian Administrasi Pembinaan Mental Setda Kabupaten Malang, dan para peserta yang terdiri dari perwakilan MUI Kecamatan se-Kabupaten Malang.

Dalam kesempatan kali ini Wabup kembali menekankan tentang bahaya narkoba terhadap masa depan bangsa Indonesia khususnya di Kabupaten Malang. "Saya ambil contoh di daerah saya sendiri disana sudah banyak yang terkena narkoba. Maka dari itu dengan bantuan para ulama mudah-mudahan bisa mencegah masuknya narkoba di Kabupaten Malang ini karena dengan bantuan dalam menyampaikan dakwah agama ini Insyaallah bisa mengurangi generasi muda kita untuk tidak menggunakan narkoba," ungkapnya.

Selain itu wabup juga menginginkan MUI Kabupaten Malang untuk bisa melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Malang dengan dinas terkait untuk bisa menjamin kehalalan makanan yang di konsumsi masyarakat.

"Saya menginginkan sesekali MUI dengan Dinas Kesehatan bisa melakukan sidak ke pasar-pasar untuk melihat kehalalan makanan yang akan di konsumsi oleh masyarakat Kabupaten Malang khususnya. Karena masih banyak di pasaran di jual (dede) atau darah hewan yang di bekukan untuk di konsumsi," ungkapnya.

Di akhir sambutanya, Wabup mengucapkan selamat dan mengapresiasi kegiatan Rakerda tersebut. "Saya mewakili masyarakat Kabupaten Malang mengucapkan selamat melakukan Rakerda dengan baik dan bisa menjadikan MUI Kabupaten Malang lebih baik lagi kedepanya,"jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Rakerda MUI Kabupaten Malang, Abdurahman memberikan laporan kegiatan yang akan dilakukan. "Pada kegiatan ini kami mengambil tema yaitu, Memantapkan Kerukunan, Memperkuat Silahturahmi dan Pemberdayaan Ekonomi Umat. Kami juga berharap mudah-mudahan kegiatan ini bisa di lakukan di setiap tahunnya. Sedangkan untuk narasumbernya kami mendatangkan dari Rektor UIN Malang, Pimpinan Bank Syariah, dan yang terakhir Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Malang,"urainya.

Rakerda yang secara resmi dibuka dan di mulai kegiatannya oleh Wakil Bupati Malang  ini akan berlangsung selama dua hari yaitu mulai tanggal 22 hingga 23 Desember besok. (mc.kab.malang/humas/rik/eyv)