Gempa Tektonik Guncang Pesisir Bengkulu

:


Oleh Wawan Budiyanto, Selasa, 2 Januari 2018 | 08:09 WIB - Redaktur: Juli - 267


Jakarta, InfoPublik - Wilayah Samudera Hindia dan pesisir Bengkulu diguncang gempabumi tektonik, pada Senin (1/1) sore. Hasil analisis terkini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=5,0.

"Episenter terletak pada koordinat 4,42 LS dan 102,11 BT tepatnya di laut pada jarak 52 km arah barat daya Kota Pasarngalam, Kabupaten Seluma, Propinsi Bengkulu pada kedalaman 45 km," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Riyadi dalam keterangan resminya, Senin (1/1).

Menurutnya, dampak gempabumi yang didasarkan kepada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat menunjukkan bahwa guncangan gempabumi dirasakan di Kota Bengkulu pada skala II SIG-BMKG (III MMI) dan Kepahiang pada skala I SIG-BMKG (II MMI).

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Konvergensi kedua lempeng ini sangat aktif sehingga menjadi salah satu sumber gempabumi yang sangat aktif di Samudra Hindia sebelah sebelah barat Sumatera. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault).

Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). "Kepada masyarakat di pesisir Bengkulu diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya.