Diskominfo Jatim Gelar Sosialisasi e-New Budgeting

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Jumat, 29 Desember 2017 | 15:36 WIB - Redaktur: Tobari - 294


Surabaya, InfoPublik – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur menggelar Sosialisasi e-New Budgeting bagi pejabat penanggungjawab keuangan di lingkungan Pemerintah Provinsi Jatim, Jum'at (29/12).

 
Pelaksaan sosialisasi aplikasi e-New Budgeting ini merupakan kali kedua setelah dilaksanakan beberapa waktu lalu di Kantor Gubernur Jatim, Surabaya.
 
Kepala Diskominfo Jatim Eddy Santoso mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk  mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik, lebih luas, dan lebih transparan kepada masyarakat seperti yang sudah diamanatkan dalam Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.
 
"Maka Pemprov Jatim membuat inovasi berupa aplikasi e-New Budgeting. Aplikasi itu merupakan proses awal dalam upaya mewujudkan percepatan e-Government melalui efisiensi dan efektifitas proses bisnis guna mendukung administrasi pemerintahan," ujar Eddy.   

Selain itu, aplikasi  e-New Budgeting juga akan mengintegrasikan sistem informasi perencanaan dan sistem informasi keuangan di Pemprov Jatim.
 
Untuk mewujudkan konidisi tersebut, kata Eddy, Diskominfo menyelenggrakaan kegiatan sosialisasi ini. Sosialisasi ini juga untuk memberikan pemahaman perihal aplikasi  e-New Budgeting, membangun komitmen pejabat penanggungjawab keuangan agar lebih konsisten menggunakan aplikasi.
 
Selain  itu juga untuk meningkatkan kualitas belanja dan akuntabilitas pengelolaan keuangan pemerintah daerah, serta menjaga pengendalian konsistensi perencanaan dalam penganggaran.
 
Sekretaris Daerah Prov Jatim Akhmad Sukardi, mengatakan pelaksanaan e-New Budgeting harus lebih dimantapkan bagi seluruh pejabat penanggungjawab keuangan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sebab untuk tahun mendatang semua kegiatan keuangan diintegrasikan melalui IT.
 
"Mulai dari memasukkan data, memproses serta evaluasi data harus sesuai hasilnya dengan data awal," jelas Sukardi saat memberikan pengarahan pada sosialisasi e-New Budgeting di Aula Diskominfo.
 
Akhmad Sukardi juga mengimbau agar suluruh kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim mengetahui lebih detail dari aplikasi e-New Budgeting karena untuk pertanggungjawaban keuangan setiap OPD.
 
Sukardi juga menjelaskan manfaat dari aplikasi ini sangatlah luas karena semua informasi pembangunan yang dilaksanakan pemerintah beserta  hasil – hasilnya  terintegrasi secara tranparansi dan akuntabel, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kepada publik.
 
Pelaksanaan e-New Budgeting adalah program satu-satunya di Indoensia  yang pertama kalinya dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kegiatan Rapat sosialisasi e-New Budgeting itu dihadiri oleh seluruh OPD di lingkungan Pemprov Jatim.(MC Diskominfo Prov Jatim/non-shi/toeb)