Inovasi Desa, Membangun HSU Mantap

:


Oleh Dinas Kominfo Kab Hulu Sungai Utara, Jumat, 29 Desember 2017 | 08:11 WIB - Redaktur: Kusnadi - 855


Amuntai, InfoPublik - Antusiasme peserta terlihat usai Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi, Lc membuka Bursa Inovasi Desa Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Tahun 2017 di Aula Bappelitbang HSU, Kamis (28/12).

Mereka menyerbu kedua stand bursa yang menawarkan sekitar 35 inovasi untuk ditiru dan diterapkan di desa masing-masing.  

Bursa A Bidang Sumber Daya Manusia menawarkan 18 inovasi, diantaranya Posyandu Berhadiah yang merupakan inovasi Desa Jingah Bujur Kecamatan Haur Gading dan Tumbuhkan Minat Baca Anak Melalui Perpustakaan dan Dongeng yang merupakan inovasi Desa Palimbangan Kecamatan Haur Gading.

Pada Bursa B Bidang Infrastruktur ditawarkan 3 inovasi, sementara Bidang Kewirausahaan menawarkan 14 inovasi diantaranya Jemput Bola BUMDes Harapan Masa Desa Kalintamui Kecamatan Banjang, Kap Lampu Penerangan Jalan Desa (Desa Palimbangan Kecamatan Kecamatan Haur Gading), Inovasi Kripik Talas Desa Kota Raden Hulu Kecamatan Amuntai Tengah, Menghidupkan Kembali Tenun  Kain Sarigading Desa Sungai Tabukan Kecamatan Sungai Tabukan, dan Kerajinan Tangan  Tas Laptop di Desa Kamayahan Kecamatan Amuntai Utara.

Beberapa peserta menyampaikan rasa antusias untuk mengikuti bursa ini dan berharap mendapatkan beberapa inovasi yang bisa ditiru dan diterapkan untuk kemajuan desa masing-masing, sesuai tagline kegiatan ini yaitu “Datang, Komit, Tiru, Maju”.

Budi Lesmana, aktivis dan pemerhati masalah sosial kemasyarakatan, menyampaikan apresiasi atas upaya pemerintah untuk mendorong kreatifitas masyarakat terutama desa untuk memunculkan segala potensi dan keunggulannya.

Menurut Budi, event ini harusnya menjadi momen bagi desa untuk terus berinovasi. Namun ke depannya Budi berharap agar kegiatan dapat ditingkatkan sehingga benar-benar menunjukkan keunggulan desa  melalui kegiatan yang lebih semarak dan desa benar-benar menjadi aktornya. 

“Kalau perlu tahun depan bukan sekadar bursa saja, tapi juga kompetisi inovasi desa, sehingga desa bisa serius dan maksimal memunculkan ide dan gagasannya”, lanjut Budi.

Sementara itu Yulius Kisworo, tenaga ahli Teknologi Tepat Guna Program P3MD HSU berharap agar desa yang telah berkomitmen terhadap model inovasi yang dipilih pada bursa inovasi ini, nantinya dapat mewujudkannya di desa dengan menggunakan anggaran dana desa tahun 2018.

Bursa yang mengusung tema “Inovasi Desa, Membangun HSU Mantap” ini menghasilkan beberapa inovasi yang sangat diminati peserta, diantaranya Posyandu Berhadiah; BPJS Desa Mandiri; dan Proses Pembelajaran TPA  untuk Bidang Pengembangan Sumberdaya Manusia.  

Sementara pada Bidang Infrastruktur dan Kewirausahaan inovasi yang paling banyak diminati antara lain Pembangunan dan Pengelolaan Olah Raga Multi Fungsi Untuk Pengembangan Minat, Bakat dan Potensi Wisata;  Mesin Pakan Ternak Desa Jalan Lurus; dan Tas Bunga dari Anyaman Purun (Diskominfo/Kus)