Perdana, Kemenhub Lepas Mudik Gratis Nataru 2017/2018

:


Oleh Dian Thenniarti, Sabtu, 23 Desember 2017 | 12:27 WIB - Redaktur: Juli - 750


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan PT Jasa Raharja melepas keberangkatan peserta mudik gratis liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru 2017/2018) di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (23/12). 

Mewakili Menteri Perhubungan, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi memimpin pelepasan keberangkatan peserta mudik gratis yang pertama kali dilaksanakan untuk libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

"Ini diselenggarakan untuk keseimbangan, mengingat pada mudik Lebaran kita telah menyelenggarakan secara masif dan kita coba tahun ini untuk angkutan Natal dan Tahun Baru," tutur Dirjen Budi, Sabtu (23/12).

Dirjen Budi berharap penyelenggaraan mudik gratis seperti itu ke depannya dapat ditingkatkan lagi, sehingga masyarakat semakin banyak yang mengetahui adanya mudik gratis Natal dan Tahun Baru.

"Pada prinsipnya kegiatan ini terselenggara datang dari kebijakan Presiden Joko Widodo dalam program Nawacita, yaitu bahwa pemerintah harus hadir saat dibutuhkan masyarakat," tuturnya.

Dirjen Budi juga meminta kepada para pengemudi untuk tidak ngebut dan terburu-buru mengejar waktu, namun hal yang paling penting adalah tiba dan kembali dengan selamat.

Untuk penyelenggaraan perdana ini, ditambahkan Direktur Angkutan dan Multimoda Cucu Mulyana memilih tiga tujuan di Jawa Tengah.

"Pemilihannya yakni Solo, Yogyakarta, dan Semarang karena berdasarkan pengalaman mudik gratis angkutan Lebaran, tiga kota tersebut merupakan kota favorit (yang dipilih pemudik)," ungkap Cucu.