Negara Hadir Sebagai Pelayan Warga

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Jumat, 22 Desember 2017 | 16:47 WIB - Redaktur: Tobari - 325


Bone Bolango, InfoPublik – Bupati Bone Bolango Hamim Pou menyatakan setiap warga negara berhak mendapatkan penghidupan dan pekerjaan yang layak, serta berhak mendapatkan layanan kesehatan dan pendidikan.

Pernyataan ini disampaikan Bupati Bone Bolango Hamim Pou pada rapat koordinasi (Rakor) pengurangan rakyat miskin tahun 2017, yang diselenggarakan oleh Bappeda-Litbang Kabupaten Bone Bolango di ruang Huyula Kantor Bupati, Kamis (21/12).

Hamim menegaskan negara maupun aparat pemerintah hadir tidak lain adalah untuk melayani rakyat maupun warganya. Karena itu, dia mengingatkan kembali kepada seluruh aparatnya mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, desa, sampai ke tingkat dusun, bahwa kehadiran aparat pemerintah itu adalah sebagai pelayan warga.

“Kita selaku aparat itu hadir sebagai pelayan warga. Itu subtansinya dan hakekat kita bernegara,”tegasnya.

Tentu, kehadiran negara maupun aparat pemerintah itu, ditampakkan dalam kecepatan kita memberikan pelayanan kepada publik maupun masyarakat. ”Kita harus menyadari bahwa seluruh perangkat pemerintahan itu adalah pelayan bagi warganya,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Bone Bolango Mohamad Kilat Wartabone selaku Ketua TKPKD Kabupaten Bone Bolango, menjelaskan tujuan dilaksanakannya Rakor pengurangan rakyat miskin itu adalah untuk memastikan bahwa program pengurangan rakyat miskin di tahun 2017 terlaksana sesuai dengan yang diharapkan.

Selain itu, untuk memastikan ketepatan sasaran dan ketepatan program pengurangan rakyat miskin yang dilaksanakan oleh semua stakeholder terkait, baik OPD maupun pemerintah desa.

Di tahun 2017 ini kebijakan pengurangan rakyat miskin dilaksanakan dengan fokus kelompok program utama, diantaranya mengurangi beban masyarakat miskin, meningkatkan pendapatan masyarakat miskin, dan perbaikan ketersediaan dan kualitas infrastruktur dasar wilayah. (MC Bone Bolango/Hms/Kadir/toeb)

Â