Kwarcab Sumenep Gelar Upacara Gerakan Sejuta Biopori Jatim 2017

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Senin, 18 Desember 2017 | 16:18 WIB - Redaktur: Tobari - 438


Sumenep, InfoPublik -  Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sumenep menggelar upacara pembukaan Gerakan Sejuta Biopori Pramuka Jawa Timur 2017, yang dilaksanakan di halaman Ponpes Al-Azhar Desa Pamolokan, Kecamatan Kota Sumenep, Senin (18/12).

Kegiatan Gerakan Sejuta Biopori Pramuka Jawa Timur 2017 di Sumenep ini diikuti sekitar 150 Pramuka, mulai dari Pimpinan dan Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Sumenep, para Pelatih dan Pembina Pramuka, DKC, Satuan Karya, serta Pramuka Penegak-Pandega di Sumenep.

Dalam sambutan tertulisnya Ketua Kwarda Jawa Timur H. Saifullah Yusuf yang dibacakan Ketua Harian Kwarcab Sumenep Drs. H. Moh. Sirad Aidy, M.Si mengingatkan akan pentingnya menjaga lingkungan, demi kelestarian kehidupan manusia. 

Sebab. lingkungan menjadi salah satu faktor sangat penting yang menentukan tinggi rendahnya risiiko bencana, seperti di negera-negara kepulauan, seperti Indonesia.

“Terganggunya sistem tata kelola air yang mengakibatkan banjir dan tanah longsor, serta kekeringan di musim kemarau marak terjadi di sejumlah daerah, termasuk di Jawa Timur,”jelasnya.

Karena itu menurut Wakil Gubernur Jawa Timur ini, harus ada upaya-upaya yang dilakukan dalam memperbaiki lingkungan hidup, seperti halnya kegiatan Gerakan Sejuta Biopori Pramuka Jawa Timur 2017 yang dilaksanakan Kwartir Daerah Jawa Timur ini, diharapkan dapat bermanfaat secara langsung dalam kehidupan manusia.

Untuk itu, Ketua Kwarda Jatim ini mengajak seluruh komponen, baik pemerintah, swasta serta Pramuka yang ada di Jawa Timur khususnya, bisa mengambil bagian dalam kegiatan ini, para pengurus Pramuka di Kwartir Cabang, Pelatih dan Pembina, serta adik-adiknya agar terus ditingkatkan kegiatan tersebut dimasa mendatang.

“Kegiatan ini merupakan sarana belajar, berkarya dan bersosialisasi serta wahana menambah wawasan dan kesadaran bagi generasi muda tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup. Serta juga bisa menyebarkan pengetahuan dan keterampilan dalam menjaga lingkungan,” katanya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut dilakukan penyerahan peralatan pembuatan Biopori dari Ketua Harian Kwarcab Sumenep, Drs. H. Moh. Sirad Aidy, M.Si, kepada peserta Gerakan Sejuta Biopori Pramuka Jawa Timur 2017, serta dilanjutkan pembuatan Biopori secara simbolis oleh para pimpinan Kwarcab Sumenep. ( Ren/Esha/Fer/toeb )