Diskominfotik Riau Gelar Rakornis Kominfotik Se-Provinsi Riau Tahun 2017

:


Oleh Prov. Riau, Selasa, 12 Desember 2017 | 08:16 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 921


Pekanbaru, InfoPublik-Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Komunikasi Informatika dan Statistik se-Provinsi Riau Tahun 2017 di Hotel Jatra, Senin (11/12).

Rakornis ini sendiri diadakan dalam rangka mengimplementasi Sinergitas Program Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian di Diskominfotik se-Provinsi Riau.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Ahmad Hizaji saat membacakan sambutan Gubernur Riau mengatakan bahwa kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah memasuki berbagai bidang, tidak terkecuali pemerintahan.

"Salah satunya adalah e-Government yang mulai kita terapkan di Pemerintah Provinsi Riau," ujar Sekda.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa esensi yang terpenting dari e-Government adalah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi demi tercapainya tata pemerintahan yang bersih, efektif, efisien, dan transparan dalam memberikan pelayanan publik dan informasi kepada masyarakat.

"Pemprov Riau punya rancangan kedepan untuk menjadi smart province, yakni berbasis teknologi yang menyuguhkan pelayanan publik berbasis IT," ungkapnya.

Ia kemudian mencontohkan aplikasi e-Office, yakni suatu aplikasi penyelenggaraan administrasi surat-menyurat pemerintah berbasis elektronik yang dikembangkan oleh Diskominfotik Provinsi Riau.

Untuk diketahui bahwa e-Office dikembangkan untuk meningkatkan kinerja ASN, efisiensi, efektifitas, tingkat keamanan, kerahasiaan data dan informasi yang lebih baik.

Di akhir sambutannya, Ahmad Hijazi mengungkapkan harapannya agar Diskominfotik Provinsi Riau dapat menunjukkan diri sebagai OPD terdepan dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk memberikan citra positif terkait kebijakan dan pembangunan yang dilakukan oleh Pemprov Riau.

Kegiatan Rakornis ini kemudian dilanjutkan dengan Penandatangan Kerja Sama (PKS) antara Diskominfotik Provinsi Riau dengan Diskominfotik dari 12 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau.

Lalu diakhiri dengan penyerahan penghargaan FGD Standar Website Optimalisasi Layanan Kepada Masyarakat Melalui Website Pemprov Riau dan Kabupaten/Kota kepada tiga website terbaik, yaitu terbaik ketiga diraih oleh Pemko Pekanbaru (pekanbaru.go.id).

Di peringkat kedua diraih oleh Pemkab Kuantan Singingi (kuansing.go.id), sedangkan peringkat pertama diraih oleh Pemkab Siak (siakkab.go.id).

Turut hadir dalam Rakornis antara lain Kepala Diskominfotik se-Provinsi Riau, serta pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemprov Riau. 

Adapun hadir sebagai narasumber ialah Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo RI Oryza Taswin, serta Kepala Seksi Perencanaan SDM Sandi Sub Direktorat Pembinaan, Ditbinsan Deputi I Pembinaan dan Pengendalian Lembaga Sandi Negara Lila Kolila (MC Riau/Zak/Eyv)