Kemampuan Penguasaan Komputer Pejabat Eselon IV Diuji

:


Oleh MC Kota Pematangsiantar, Selasa, 5 Desember 2017 | 16:19 WIB - Redaktur: Tobari - 471


Pematangsiantar, InfoPublik - Kemampuan penguasaan komputer pejabat Eselon IV di lingkup Pemerintah Kota Pematangsiantar diuji, dan pelaksanaan ujian dibuka Walikota Pematangsiantar diwakili plt. Sekda Drs. Resman Panjaitan, di auditorium Stikom Tunas Bangsa jalan Jendral Sudirman, Selasa (5/12).

Pelaksanaan ujian kemampuan komputer ini bertujuan untuk memotivasi PNS dalam meningkatkan kompetensi, prestasi kerja dan pengabdian kepada negara, sekaligus mengukur kemampuan pejabat eselon IV (Pengawas) bidang teknologi informasi dengan kemampuan dasar penguasaan computer.

Dalam sambutan Walikota, yang dibacakan Resman, di antaranya dijelaskan, guna mendorong berbagai kompetisi bisa terpenuhi, maka pemerintah kota melalui badan kepegawaian daerah yang memiliki kewenangan dalam upaya pengembangan kompetensi pegawai, salah satunya dengan menyelenggarakan uji kemampuan komputer.

Kemampuan penguasaan komputer adalah salah satu syarat mutlak yang harus dimiliki seorang pejabat pengawas sebagai pemimpin oprasional kegiatan pada OPD, terutama di era pemerintahan digital saat ini (e-government). Percepatan penerapannya membutuhkan SDM aparatur yang berkualitas, profesional dan bertaraf internasional serta menguasai teknologi informasai.

Kita semua berharap, berbagai upaya dan langkah yang telah dijalankan oleh badan kepegawaian daerah  untuk meningkatkan kemampuan semua aparatur khususnya para pejabaat eselon IV di lingkungan pemerintah kota dapat segera di wujudkan, demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Pematangsiantar yang mantab, maju dan jaya.       

Kepala badan kepegawaian Zainal Siahaan, SE, MM dalam laporan tertulisnya menjelaskan, penilaian dilakukan oleh tim internal Stikom Tunas Bangsa dan hasilnya digunakan untuk menentukan kemampuan peserta, yang dianggap kompeten berhak memperoleh sertifikat.

Penilaian dititik-beratkan pada proses (sistematika dan cara kerja), hasil kerja, sikap dan waktu, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai Selasa dan Rabu 5 s/d 6 Desember 2017, dengan peserta sebanyak 671 orang pejabat eselon IV.

Para peserta ini dibagi delapan gelombang dengan menggunakan 3 labotratorium komputer, sebanyak 316 orang di hari pertama dan 357 orang di hari kedua.

Dalam kegiatan itu tampak hadir Kabag humas dan protokoler Gilbert Ambarita, SH, ketua yayasan Stikom Tunas Bangsa H Ahmad Riduan Syahputra, ketua Stikom Dedi Hartama, ST, Mkom. (Humas/C2/toeb)