Serdang Bedagai, InfoPublik – Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bersama dengan jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melakukan penanaman pohon di sekitar Gerbang Tol Teluk Mengkudu, Minggu (3/12).

Hadir  pada kesempatan tersebut Gubsu Dr. H. T. Erry Nuradi, M.Si, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Wakapolres Sergai Kompol Edi Bona Sinaga, anggota DPRD Provsu Wasner Sianturi selaku mewakili Ketua DPRD Provsu, UPT BPDASHL Wampu Sei Ular Ir. Heru Winarto, M.Su, Dirut JMKT Agus Suharjanto, Direktur Keuangan JMKT Asmuji, Kadis Kehutanan Provsu Halen Purba, Kepala OPD dan Camat se-Sergai serta ratusan masyarakat peduli lingkungan.

Mengawali sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman  menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini dan merasa bangga karena peringatan HMPI dan BMN Tingkat Provsu dilaksanakan di wilayah Kabupaten Sergai. 

Pemkab Sergai saat ini telah menanam 8.750 pohon produktif yang didistribusikan untuk ditanam di sekolah-sekolah Adiwiyata, lingkungan masyarakat dan perusahaan-perusahaan. Sebagai perwujudannya adalah Hutan kota di depan replika masih terus diurus hingga sekarang karena apa yang baik akan diteruskan dan dipelihara keasriannya, kata Bupati.

Dipaparkan Bupati Soekirman bahwa menanam pohon adalah satu tindakan filosofis, dimana yang baik yg ditanam tentu akan menghasilkan yang baik juga.

Disini kita semua tentu mencintai pohon, untuk itu jangan hanya teringat makan buah jika kita tidak ingat untuk menanamnya agar anak cucu kita nanti bisa menuai apa yang kita tanam.

" Kami sangat bersyukur atas prakarsa kegiatan, sesuatu yang baik mari terus kita lanjutkan.

Di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini masyarakat dan ASN telah lama saling bahu membahu melaksanakan kewajiban menanam pohon yang bukan hanya 25 pohon sepanjang hidup guna pelestarian alam, namun lebih dari itu," pungkasnya.

Sementara itu Gubsu Dr. H. T. Erry Nuradi, M.Si saat membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc menyampaikan upaya penanaman pohon pada beberapa wilayah dan kondisi masyarakat di tanah air merupakan bagian dari kegiatan keseharian, kegiatan yang sungguh mulia dan seyogianya dapat kita luhur kan.

Peringatan HMPI dan BMN Tahun 2017 dengan tema " Kerja Bersama : Makmurkan Rakyat, Lestarikan Alam". Tema ini mengandung arti bahwa pengelolaan hutan dan lahan tidak lepas dari keterlibatan seluruh pihak baik instansi pemerintah, pelaku usaha maupun organisasi massa dan masyarakat sebagai pelaku utama pengelolaan hutan dan lahan.

Oleh karena itu, kegiatan ini harus memberikan manfaat nyata bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sehingga dengan peningkatan produktivitas hutan dan lahan akan terpelihara kelestarian alam.

Sedangkan Direktur JMKT Agus Suharjanto juga mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk komitmen penuh Pemerintah dalam bentuk menjaga lingkungan.

Manfaat yang besar sangat dirasakan masyarakat atas kehadiran Jalan Tol. Untuk itu JMKT akan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik diantaranya dengan program penghijauan yang menjadi prioritas kami disetiap ruas jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.

Sebelumnya Kadis Kehutanan Provsu Halen Purba dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan di kiri dan kanan lokasi Gerbang Tol Teluk Mengkudu. Penyelenggaraan ini untuk membangkitkan motivasi masyarakat Sumut agar gemar menanam pohon. Realisasi penanaman pohon di Sumut dari pelaksanaan Gerakan Menanam dan Memelihara Pohon yang memasuki tahun kesepuluh ini adalah 370.260.968 pohon.

Sedangkan pada penanaman pohon dalam rangka memperingati HMPI ke-10 Tingkat Provsu yang berlokasi di Gerbang Tol Teluk Mengkudu telah ditanam 1.000 batang pohon pada kanan dan kiri jalan tol sepanjang 2,5 km, terdiri dari pohon jenis nyamplung dan tanjung dimulai penanamannya mulai 28 Nopember hingga hari ini, kata Halen Purba.

Acara diisi dengan penyerahan Bantuan Bibit Pohon Produktif kepada Pelaksana Agroforestry Desa Sentang dan Komitmen Tanam 25 Pohon Selama Hidup dalam bentuk Peluncuran Perangko Edisi Khusus secara simbolis serta ditutup dengan penanaman pohon dalam rangka Pencanangan Penanaman ASN Menanam 25 Pohon Selama Hidup oleh Gubsu, Bupati Sergai, Direktur JMKT serta Forkopimda. (McSergai/vivi/eyv)