Januari 2018, Pemkab Garut Uji Coba Parkir Mesin

:


Oleh MC Kab Garut, Senin, 4 Desember 2017 | 10:49 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 213


Garut, InfoPublik-Retribusi bersumber dari parkir di Kabupaten Garut dinilai belum maksimal. Pemkab Garut rencananya menerapkan E-Parking guna mengoptimalkan retribusi pada sektor tersebut.

“Pendapatan dari parkir manual seperti sekarang belum efektif. Kita akan uji coba mesin parkir elektronik untuk meningkatkannya,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Garut Suherman kepada detikcom di Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (3/12).

Ia mengungkapkan pendapatan Pemkab Garut dari sektor parkir hanya mencapai Rp 900 juta per tahunnya. “Target itu per tahun 1,1 miliar rupiah,” katanya.

Sedikitnya tiga tempat di kawasan perkotaan yang disiapkan Pemkab Garut untuk uji coba mesin parkir. Lokasinya di Jalan Cikuray, Jalan Ciledug dan area objek wisata Situ Cangkuang.

“Mesin parkir itu tajam, dari target 1,1 miliar rupiah, bisa jadi empat miliar rupiah (per tahun),” ujar Suherman.

Dia menyebutkan uji coba mesin parkir berlangsung Januari 2018 mendatang. Dishub Garut terlebih dahulu sosialisasi kepada para juru parkir agar tidak terjadi kesalahpahaman.

“Ini tujuannya untuk menghindari kebocoran juga. Jika selama uji coba tidak efektif, kita kembali ke parkir manual,” kata Suherman.(MC.Garut/Eyv)