Buka Tutup Bandara Ngurah Rai Berjalan Lancar

:


Oleh Wawan Budiyanto, Minggu, 3 Desember 2017 | 10:02 WIB - Redaktur: Juli - 747


Denpasar, InfoPublik - Pelaksanaan penutupan dan pembukaan Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai akibat adanya erupsi Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali berjalan lancar dan tertib.

Hal tersebut dikatakan Petugas Crisis Centre Gunung Agung dari Perwakilan Kementerian Pariwisata di Bali Tourism Hospitality, Dewa Gede Ngurah Byomantara, saat ditemui Infopublik, di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Jumat (1/12).

Menurutnya, koordinasi dan komunikasi dari semua unit serta unsur terkait berfungsk dengan baik serta semua faktor baik keamanan, keselamatan serta pelayanan penumpang di bandara juga terlayani dengan baik.

"Kemarin pukul 15.00 WITA bandara sudah dibuka kembali. Sejak dibuka tersebut tiap 6 jam kami memberikan laporan ke pusat tentang situasi terkini dan kondisi dibandara, terutama pelayanan penumpang," kata Byomantara.

Dijelaskannya, setelah tutup buka bandara berdasarkan pantauan awalnya terjadi penumpukan penumpang di bandara karena wisatawan tidak bisa kembali ke negara asalnya. Namun setelah pihak Angkasa Pura I melakukan mitigasi dengan membuka pelayanan counter airline yang banyak akhirnya penumpang dapat terlayani dengan baik.

Ditambahkan Byomantara, pihaknya dari Kementerian Pariwisata, bersama tim dari Angkasa Pura I, Kementerian Hukum dan Ham, TNI, Polri serta pihak terkait masih membuka Posko Pelayanan Gunung Agung di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Posko dibuka selama 24 jam untuk melayani penumpang.

Selain itu, menempatkan meja kursi pelayanan airlines untuk melayani penumpang melakukan penjadwalan ulang, pengembalian uang tiket pembatalan di titim kumpul penumpang, menempatkan tv hiburan, penguatan bandwith wifi, menyiapkan kantong parkir kendaraan pengangkut apabila diperlukan untuk evakuasi keluar bandara.

Pihaknya juga terus memantau perkembangan terkini mengenai cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mengupdate pergerakan pesawat delay ataupun cancel. Seperti diketahui, Bandara I Gusti Ngurah Rai sempat dilakukan Buka Tutup akibat adanya erupsi Gunung Agung yang dilakukan pada Senin ( 27/11) pada pukul 07.15 WITA sampai dengan (28/11) pukul 07.00 WITA.

Kemudian pada (28/11) kembali ditutup pukul 02.11 WITA dan sampai (29/11) pukul 07.00 WITA.  Pada (29/11) pukul 02.16 WITA sampai dengan 30 November pukul 07.00 WITA.