2 Kapal Pesiar Kembali Kunjungi Sumenep Di Penghujung 2017

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Senin, 27 November 2017 | 14:34 WIB - Redaktur: Tobari - 225


Sumenep, InfoPublik -  Kapal pesiar besar L'austral du ponant dan Silver Discoverer yang membawa wisatawan mancanegara (wisman) secara berturut-turut, kembali mendatangi Sumenep dalam minggu ini dimulai tanggal 22 dan 25 November 2017.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep, Sufiyanto, SE, M.Si kepada Medua Center, Senin (27/11), mengungkapkan, kehadiran wisman 2 tahap ke Sumenep, masing-masing membawa 198 dan 150 orang wisman yang mayoritas berkewarga negaraan Perancis.

“Mereka begitu terpesona dengan kekayaan ragam budaya Sumenep yang sengaja, kami sajikan kolaborasi di Pendopo Keraton Sumenep,”ungkapnya.

Dikatakan, seperti biasanya kapal pesiar sebelumnya buang jangkar di perairan Pantai Sembilan, namun kali ini mereka buang jangkar di perairan Gili Labak yang kemudian wisatawan dibawa menggunakan perahu lebih kecil ke pelabuhan Kalianget.

Diakui, kedatangan para wisman ini tetap dalam konsep paket wisata, sehingga seluruh sajian seni budaya yang ditampilkan yang biayanya menjadi tanggung jawab wisman.

“Kedatangan para wisman sebelum ke Pendopo Agung Keraton diawali dari Masjid Jamik Sumenep, melintasi Taman Bunga diiringi Kereta Musik Tong-tong, dan saat memasuki Labang Mesem, mereka disambut oleh Penari Topeng yang berdiri memagar menyambut wisatawan dengan musik khas topeng sampai ke Pendopo,”jelasnya.

Selama di Pendopo kembali disajikan seni tradisi Sumenep. Disana juga telah disiapkan cemilan khas Sumenep, serta kerajinan keris dan batik termasuk cara pengerjaannya, kedua produk ini cukup diminati.

Hal itu terlihat dengan banyaknya wisman yang memborong kain batik termasuk pula keris, dan selanjutnya mereka menuju Lapangan Giling untuk melihat Kerapan Sapi. (Fan/Zah/Ren/Esha/toeb)