Gubernur Riau,2020 Pelajar Melenggak Lenggok Menari Zapin

:


Oleh Prov. Riau, Senin, 27 November 2017 | 09:02 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 219


Pekanbaru, InfoPublik - Sebanyak 2020 penari melenggak lenggok di Halaman Kediaman Rumah Dinas Gubernur Riau, Jalan Diponegoro.

Kegiatan yang dikemas dalam tajuk  Festival Seni Budaya Melayu 2017, ini langsung dibuka Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman,Minggu, (26/11).

Hadir juga menyaksikan Festival Seni Budaya ini yakni, istri Gubernur Riau Sisilita Arsyadjuliandi, Asisten I Setdaprov Riau Ahmad Syah Harofie, Kepala Dinas Kebudayaan Yoserizal Zein, Ketua MKA LAM Riau Al Azhar, para budayawan, serta berbagai undangan lainnya.

Saat beratraksi massal, penari yang melibatkan pelajar SD, SMP dan SMA ini tampak tak canggung memperlihatkan kebolehan tarian zapin di hadapan para undangan. Bahkan Gubernur Riau beserta istri dan undangan memberikan aplus.

Ada pun angka 2020 orang penari ini dihadirkan dimaksudkan untuk menyelaraskan dengan visi misi Riau 2020, yang bercita-cita menjadikan Riau sebagai pusat kebudayaan Melayu Asia Tengga. 

Ada pun dua zapin Riau telah mendapat sertifikat Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) dari Kemendikbud, yakni Zapin Api dan Zapin Meskom. Selain itu, pada festival ada juga konvensi atau pelaku zapin se-nusantara.(MC Riau/mtr/eyv)