Petani Diminta Tingkatkan Hasil Pertanian Di Rohul

:


Oleh MC Kabupaten Rokan Hulu, Jumat, 17 November 2017 | 10:54 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 524


Rohul, InfoPublik-Upaya meningkatkan hasil produksi bidang pertanian padi sawah petani, Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berupaya menyediakan alat pertanian, dengan berupaya mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Rohul, Mubrizal SP MMA mengungkapkan pada tahun 2017, dinasnya telah menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) sebanyak 47 hand tractor kepada kelompok tani tersebar di 16 kecamatan.

Alsintan berupa 47 hand tractor, ungkap Mubrizal, merupakan bantuan dari Kementrian Pertanian. Sebanyak 30 unit telah diserahkan kepada kelompok tani, sedangkan 17 unit lagi menunggu proses administrasi dari kelompok tani calon penerima."Setiap kelompok tani mendapatkan satu unit hand tractor," jelas Mubrizal, Kamis (16/11).

Adanya hand tractor, Mubrizal mengharapkan masing-masing kelompok tani penerima memanfaatkan Alsintan bantuan semaksimal mungkin, sehingga hasil produksi padi sawah di Kabupaten Rohul terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

"Hand tractor tersebut tentu dapat mengurangi tenaga kerja untuk pengolahan sawah dan dapat meringankan biaya petani atau kelompok tani. Adanya mesin itu tentu hasilnya lebih bagus jika dibandingkan dengan cara manual," ujarnya.‎ Mubrizal mengaku di tahun 2017 ini belum ada perluasan areal pertanian padi sawah di Kabupaten Rohul.(MC.Rohul/Eyv)