Tidore, InfoPublik - Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 yang dipusatkan di Pantai Tugulufa, Minggu (12/11).

Dalam peringatan tersebut, melalui Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan menggelar berbagai kegiatan, yang dimulai dengan pelaksanaan jalan sehat bersama yang dilepas oleh Walikota Capt. H. Ali Ibrahim, MH d halaman Kantor Walikota dan Finish di Pantai Tugulufa.

Dalam sambutan tertulis Menteri Kesehatan RI, yang dibacakan Walikota Tidore Kepulauan, mengatakan, peringatan HKN yang saat ini dilaksanakan, mengangkat tema “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”.

Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga yang menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

"Oleh karena itu, kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat mulai dari lingkungan keluarga," ujarnya.

Selain penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, pembangunan kesehatan juga perlu melibatkan lintas sektor melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), yang didasarkan kenyataan bahwa keberhasilan Program Kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan lintas sektor terkait.

"Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan mendorong terlaksananya Germas. Dengan Germas, kita mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat,” katanya.

Sementara dalam laporan Kepala Dinas Kesehatan Dr. Abdullah Maradjabessy mengatakan, dalam peringatan HKN ke-53, jajaran kesehatan telah melaksanakan berbagai kegiatan yang dimulai sejak tanggal 30 September.

Bekerjasama dengan Kodim 1505 Tidore dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB, melaksanakan kegiatan Baksos berupa pengobatan gratis, sunatan massal, donor darah, dan pemasangan alat KB gratis di Kodim 1505 Tidore.

Abdullah pada kesempatan tersebut juga memaparkan berbagai pencapaian mengenai akreditasi Puskesmas. Dimana pada Tahun 2016, Puskesmas Soasio dan Puskesmas Galala telah terakreditasi dengan strata madya dan dasar.

Dan untuk tahun 2017 Puskesmas Rum Balibunga juga telah terakreditasi dengan strata dasar serta Puskesmas Tomalou dalam tahapan menuju penilaian akreditas pada bulan Desember nanti.

Begitu pula dengan RSUD Tidore telah terakreditasi pada tahun 2017 ini juga. Dan untuk tahun 2018 direncanakan enam Puskesmas juga diikutkan dalam tahapan akreditas sehingga diharapkan pada tahun 2019 terpenuhi target sesuai dengan Renstra Kemenkes dan Renstra Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, yaitu satu Kecamatan satu Puskesmas Terakreditasi.

Dalam peringatan HKN ke 53, selain jalan sehat adapula kegiatan HKN berbagi dimana tenaga honorer di lingkungan Rumah Sakit Umum diberikan reward, disela-sela pelaksanaan ini juga dilakukannya penyerahan Sertifikat Akreditasi pada Puskesmas Soasio, Puskesmas Galala dan Rumah Sakit Umum  yang diserahkan oleh Walikota Tidore Kepulauan.

Walikota pada kesempatan ini juga berkesempatan melakukan kunjungan ke stand bazar buah dan sayur, pemeriksaan kesehatan gratis serta pelayanan KB gratis di kawasan pantai Tugulufa. Walikota juga secara resmi melepas lomba dayung perahu di sepanjang pantai Tugulufa.

Turut Hadir dalam acara ini, Sekretaris Daerah, Thamrin Fabanyo, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Para Staf Ahli Walikota, Asisten Setda, Wakil Ketua TP PKK, Ketua Dharma Wanita Persatuan, serta pimpinan SKPD. (humas/ Mato/toeb)