Kabupaten Dharmasraya Dan Sijunjung Bakal Dilewati Pembalap TdS

:


Oleh MC Kab Dharmasraya, Rabu, 8 November 2017 | 17:20 WIB - Redaktur: Tobari - 582


Dharmasraya, InfoPublik - Tinggal beberapa hari lagi Tour de Singkarak (TdS ) 2017  akan digelar tepatnya mulai 18 sampai 26 November 2017. Kabupaten Dharmasraya termasuk salah satu kabupaten yang akan dilalui pembalap internasional itu, yaitu untuk etape 3 pada 20 November 2017.

Etape 3 akan dimulai dari Muaro Sijunjung Kabupaten Sijunjung dan finish di sport center Koto Padang Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Sementara jarak yang ditempuh lebih kurang 161 km.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Kabupaten Dharmasraya Sutan Hendri, S.Ikom, di kantornya Selasa (7/11), mengatakan, Pemkab Dharmasraya terus ambil bagian setiap tahunnya pada kegiatan Tour de Singkarak (TdS).

Untuk menghadapi TdS tahun ini, beberapa persiapan terus dimatangkan dengan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti Polres Dharmasraya, Dinas Satpol Pamong Praja dan Damkar, serta Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya.

Ditambahkan oleh Sutan Henri, sarana untuk Tour de Singkarak (TdS ) 2017 terus disiapkan di antaranya sarana prasana di sport center kabupaten Dharmasraya, dan pemantauan kondisi jalan yang akan melewati oleh pembalap.

Sekaitan dengan adanya perbaikan jalan saat ini, pihak panitia TdS telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Propinsi Sumbar dan Dinas PUPR Kabupaten Dharmasraya, dan dipastikan bahwa  pekerjaan akan rampung dalam minggu ini, sehingga dapat dipergunakan sebagai lintasan balapan TdS pada saatnya.

Pagelaran Tour de Singkarak (TdS) 2017 di kabupaten Dharmasraya ini diharapkan dapat memberikan dampak bagi perkembangan pariwisata dan perekonomian masyarakat.

Lebih lanjut, Hendri menjelaskan, pada ajang Tour de Singkarak (TdS) tahun ini beberapa nagari di wilayah kabupaten Dharmasraya dan Sijunjung bakal dilintasi pembalap TdS etape 3. Untuk Dharmasraya, nagari yang akan dilewati meliputi Nagari Sungai Kambut, Sungai Dareh, Sikabau, Sitiung, Sungai Duo, Koto Padang, dan Koto Baru.

“Pelaksanaan TdS etape 3 pada Senin 20 November, mendatang akan melintasi Dharmasraya. Jaraknya lebih kurang 161 km, start di Muaro Sijunjung Kabupaten Sijunjung dan finish di Sport Centre Koto Padang, Dharmasraya,” ungkapnya.

Selanjutnya, Kadis Henri mengatakan, bahwa untuk menyemarakan pelaksanaan TdS, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE telah menyampaikan imbauan melalui surat nomor 556/293/Disbudparpora/XI-2017 tanggal 6 November 2017 agar seluruh Kepala Perangkat Daerah memasang spanduk dan striker TdS di kantor dan pada kendaraan dinasnya masing-masing.

Selanjutnya, para Walinagari dan Camat diminta untuk memasang umbul-umbul atau marawa di sepanjang jalan yang akan dilewati pembalap TdS. (Exko/ MC Dharmasraya/toeb)