Dishub Temanggung Terima Bantuan Bus Sekolah

:


Oleh MC Kab. Temanggung, Kamis, 19 Oktober 2017 | 17:23 WIB - Redaktur: Tobari - 2K


Temanggung, InfoPublik – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Temanggung menerima bantuan bus sekolah dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Minggu (15/10).

Sebelumnya, pada akhir Agustus lalu, Dishub Kabupaten Temanggung telah melakukan pengajuan bus tersebut kepada Kementerian Perhubungan.

Tujuan pengajuan bus sekolah sendiri menurut Kepala Dishub Kabupaten Temanggung Hery Agung Prabowo adalah untuk membantu sarana mobilitas siswa dan siswi tingkat SD dan SMP.

“Membantu anak-anak SD, SMP, sekolah-sekolah ini kalau karya wisata dan sebagainya bisa gunakan bus ini dan juga dapat membantu meringankan biaya yang dikeluarkan untuk transportasi sekolah,” katanya.

Untuk operasional bus sekolah yang memiliki kapasitas penumpang 60 orang  tersebut masih dalam proses pengkajian dari pihak Dishub. “Jangan sampai dengan adanya bus sekolah ini mengganggu angkutan-angkutan pedesaan, karena masa (penumpang) paling banyak untuk angkutan pedesaan adalah anak-anak sekolah,” terang Agung.

Direncanakan setelah dilakukan pengkajian terkait operasional bus sekolah tersebut, akan dilakukan sosialisasi pada seluruh angkutan desa terkait keberadaan bus sekolah.

Untuk rencana awal akan terdapat 2 jalur operasional, yang saat ini telah beroperasi yaitu jalur dari Terminal Temanggung menuju SMK 1 Temanggung, dan yang kedua  jalur yang akan dilewati bus sekolah tersebut adalah rute dari Terminal Kranggan – Purwosari – Pager Gunung Kecamatan Pringsurat.

Direncanakan  dalam minggu depan akan dilakukan koordinasi bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung bersama kepala sekolah SD dan SMP se-Kabupaten Temanggung tentang keberadaan bus sekolah tersebut.

Agung juga berharap bus sekolah ini dapat berfungsi dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk anak sekolah, sehingga dapat berfungsi dan jangan sampai mubazir.  (MC TMG / Ria / dokumentasi dishub  / Ekape/toeb)