Ekonomi Berbasis SDM Tekad Peringatan HUT Ke-72 Provinsi Jawa Timur

:


Oleh MC Kabupaten Sidoarjo, Jumat, 13 Oktober 2017 | 10:03 WIB - Redaktur: Tobari - 209


Sidoarjo, InfoPublik – Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH, memimpin upacara peringatan hari jadi ke-72 Provinsi Jawa Timur, di Alun-alun Kabupaten Sidoarjo, Kamis (12/10) pagi.

Acara tersebut, dihadiri pula oleh para pimpinan Forkopimda, para pimpinan SKPD. Sementara bertindak sebagai Komandan upacara Camat  Prambon, Ainun Amalia, S.Sos.

Peringatan hari jadi ke-72 Provinsi Jawa Timur ini mengambil tema ”Peningkatan Sumber Daya Manusia Lewat Pendidikan Kejuruan Sebagai Solusi Menuju Jawa timur Mandiri dan Berdaya Saing Global,”.

Tema ini merupakan tekad Provinsi Jawa Timur untuk membangun Human Development Economic Based ( Membangun Ekonomi Berbasis SDM) supaya mampu tumbuh inklusif dan berkelanjutan dengan fokus pada segmen UMKM.

Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH, dalam membacakan amanat Gubernur Jawa Timur, menekankan pada hal pertumbuhan ekonomi. Dimana pertumbuhan ekonomi Jawa Timur sangat membanggakan, pada semester I tahun 2017 mencapai 5,21% dan lebih cepat dari pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,01%.

Ini menggambarkan bahwa walaupun dalam situasi dinamika global yang kurang kondusif, kinerja para bupati, walikota, masyarakat, serta dunia usaha di Jawa Timur sangat luar biasa, karena di tengah permintaan global yang melambat, ekonomi Jawa Timur masih tumbuh cepat bahkan lebih cepat dari ekonomi nasional.

Dimana pada tahun 2018 penambahan angkatan kerja baru  diperkirakan mencapai 326.629 orang, sehingga angkatan kerja kita diperkirakan mencapai 21.216.629  orang, naik dari posisi 2017 yang mencapai 20.890.000 orang.

Untuk itu perlu adanya beberapa prioritas dan fokus dalam pengembangan SDM, di antaranya, strategi formal dengan meningkatkan kualitas lulusan SMK dengan menambah kualitas muatankurikulum yang diampu oleh PTN, dan strategi non formal yang diarahkan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja terampil bersertifikat.

Dan pada peringatan hari jadi ke-72 Provinsi Jawa Timur, Gubernur Jawa Timur mengajak Forkopimda, para bupati dan walikota bersama masyarakat dan dunia usaha bergandengan tangan membangun Jawa Timur menuju kesejahteraan yang lebih baik dan berkeadilan dalam bingkai NKRI, yang berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945.(kominfo/en/toeb)