Bupati Dharmasraya Terima ABG Award Dari BKKBN Perwakilan Sumbar

:


Oleh MC Kab Dharmasraya, Selasa, 10 Oktober 2017 | 18:04 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Dharmasraya, InfoPublik - Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE menerima penghargaan Ayah Bunda Genre (ABG) Awards kategori Penyantun yang diserahkan langsung oleh Kepala BKKBN Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar), Drs. Syahrudin, SH, M.Si.

Penghargaan yang diserahkan di lapangan sepakbola Nagari Padukuan, Kecamatan Koto Salak, Senin (9/10) itu, diberikan atas komitmen Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dalam mendukung GenRe (Generasi Berencana) yang merupakan salah satu program dari BKKB (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana).

Tujuan dari program ini antara lain adalah agar para remaja di Kabupaten Dharmasraya terhindar dari 3 perilaku menyimpang, yaitu seks bebas, pernikahan usia dini, dan narkoba.

Dalam mendukung program tersebut, Pemkab Dharmasraya menggalakkan pelaksanaan kegiatan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja di sekolah-sekolah.

PIK Remaja adalah suatu wadah kegiatan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi, serta penyiapan kehidupan berkeluarga.

Pada kesempatan lain, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (SOSP3APPKB) Drs. Syaharuddin menuturkan, pemberian ABG Award kepada Bupati Dharmasraya berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh tim BKKBN Perwakilan Sumbar pada Agustus lalu.

Ada beberapa indiaktor yang dinilai, antara lain komitmen Pemkab Dharmasraya dalam mendukung program pemberdayaan PIK Remaja di sekolah-sekolah. Selain itu, gerakan Pemkab Dharmasraya untuk mewujudkan kampung KB di setiap kecamatan, juga menjadi nilai tambah dalam ajang tersebut.

Ditambahkan oleh Kabid. Keluarga Berencana Dra. Eka Zakiah, ABG Award diberikan kepada lima kepala daerah se-Sumatera Barat, yaitu Wakil Walikota Bukittinggi, Wakil Bupati 50 Kota, Wakil Walikota Padang Panjang, Bupati Dharmasraya, dan Wakil Bupati Sijunjung.

Penghargaan ABG Award untuk Bupati Dharmasraya diserahkan, Senin (9/10), dalam acara “Pencanangan Kampung KB” di lapangan sepakbola Nagari Padukuan Kecamatan Koto Salak.

Turut menyaksikan, Ketua Tim Pengerak PKK Dharmasraya Ny. Dewi Sutan Riska dan Ketua Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Dharmasraya, Ny. Feby Amrizal Dt. Rajo Medan. (MC KabDharmasraya/toeb)