Bagus Kuning Bakal Jadi Kawasan Terpadu Wisata

:


Oleh MC Kota Palembang, Rabu, 4 Oktober 2017 | 11:16 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Palembang, InfoPublik - Kapal perang TNI AL yang dihibahkan untuk Asian Games 2018 di Palembang segera bersandar di Dermaga Bagus Kuning, Plaju.

Kapal hibah dengan panjang 144 meter dan lebar 23 meter, itu akan dijadikan sebagai hotel terapung bagi delegasi dan tamu-tamu, selama perhelatan Asian Games 2018 di Palembang.

“Sesuai pembicaraan dengan pihak Pertamina, Bagus Kuning jadi pilihan kapal bersandar,” ujar Wali Kota Palembang Harnojoyo, usai rapat bersama Pertamina Refinery Unit III Palembang, Selasa (3/10/).

Ia menyebutkan, kawasan Bagus Kuning akan dijadikan kawasan terpadu wisata. Selain menyediakan hotel terapung yang memiliki 1.500 ruangan, kawasan tersebut akan terintegrasi dengan destinasi wisata lain seperti Palembang cullinary night, pelataran Benteng Kuto Besak dan kawasan wisata lain. Akan ada pula hotel dan lapangan golf.

“Pertamina siap membantu Pemkot Palembang menghidupkan kawasan Bagus Kuning,” ujar Harnojoyo.

General Manager (GM) Pertamina RU III, Joko Priyono, menyampaikan, pihaknya siap menata kawasan Bagus Kuning.

“Tadi ada 21 item yang dipaparkan dan akan kita evaluasi. Revitalisasi Bagus Kuning masuk dalam rencana Pertamina,” ujar Joko.

Bagus Kuning juga terkenal karena di sana banyak monyet-monyet berkeliaran. Terutama di Stadion Patra Jaya. Tak jarang mereka keluar hingga ke badan jalan untuk mencari makan, seperti yang terjadi belum lama ini.Tahap awal, kata Joko, Pertamina RU III akan mengupayakan agar hewan-hewan itu bisa dilestarikan.

“Tadi Pak Wali Kota mintanya seperti itu. Kita akan cari cara agar hewan-hewan itu bisa jadi daya tarik wisata,” ujar Joko.(MC.Kota Palembang/Wahyu/Hidayatullah/Eyv)