Masyarakat Diminta Petik Hikmah Kebakaran Pasar Samarang

:


Oleh MC Kab Garut, Rabu, 4 Oktober 2017 | 09:13 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 541


Garut, InfoPublik-Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman meninjau langsung pasar darurat Samarang pasca terbakar di Kampung Jati, Desa Cinta Rakyat, Kecamatan Samarang, Selasa (3/10).

“Saya ikut berduka cita atas musibah yang terjadi dan menimpa para pedagang di pasar ini,” ujarnya kepada wartawan.

Helmi mengatakan, musibah kebakaran ini hendaknya menjadi hikmah dan pelajaran bagaimana di kemudian hari masyarakat dapat melakukan upaya pencegahan dini terhadap kejadian-kejadian yang tidak diharapkan terutama kebakaran.

Kata dia, Pemkab Garut mengajak agar semua pihak ikut memikirkan agar bencana ini dapat diminimalisir.

“Saya berharap partisipasi masyarakat untuk saling perhatian dan pencegahan serta menjaga keamanan tersendiri,” ungkapnya.

Helmi pun menjelaskan, pemkab kini sedang melakukan pembahasan terhadap upaya recovery pascakebakaran baik atas bangunan maupun hal lainnya yang menjadi korban.

Orang nomor dua di Kabupaten Garut itu pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga api bisa dipadamkan.

“Yang terpenting saat ini kita harus tetap bersyukur sebab masih diberi keselamatan jiwa dan raga,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, pasar darurat di Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut mengalami kebakaran, Senin (2/10/2017) sekitar pukul 18.45 WIB. Akibat kebakaran tersebut menghanguskan 15 kios dan 4 rumah warga.

Kabid Pasar pada Dinas perindustrian, perdagangan, dan pengelolaan pasar Kabupaten Garut Achmad Ramdani menjelaskan, kios yang terbakar sebetulnya di luar area pasar. Bukanlah kios yang terdapat di dalam lapang Jati yang memang selama ini diakui sebagai kios legal.

“Sumber api sendiri berasal dari rumah warga yang kemudian merembet ke kios-kios di samping nya,” katanya saat dijumpai di lokasi.

Tidak ada korban jiwa akibat kebakan tersebut. Kerugian materi sendiri belum bisa diprediksi untuk sementara ini.(MC.kab.garut/Eyv)