Diklat PKB Harus Membentuk Pendidik Tangguh

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Rabu, 27 September 2017 | 20:30 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 485


Bone Bolango, Infopublik – Guru sebagai insan pendidikan, tentu telah memahami kontribusi yang harus diberikan kepada bangsa dan negara, termasuk daerah Kabupaten Bone Bolango.

Oleh karena itu, melalui kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Diklat PKB) diharapkan terbentuk personaliti pendidik yang tangguh, berkompeten, penuh keteladanan dan memiliki visi mendidik yang produktif dan modernis.

“Person pendidik inilah yang kedepan diharapkan mampu memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan daerah khususnya dibidang pendidikan,” ungkap Bupati Bone Bolango Hamim Pou saat membuka Diklat PKB jenjang guru Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2017, di Gedung Misfalah Kota Gorontalo, Rabu (27/9).

Bupati Hamim Pou mengungkapkan pengembangan keprofesian berkelanjutan adalah pengembangan kompetensi guru dan tenaga kependidikan yang dilaksanakan sesuai kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya. 

Oleh karena itu, lanjut Hamim Pou, pihaknya mendorong semua para pendidik di Bone Bolango harus meningkatkan kualitasnya dan tentu meningkatkan kualifikasi kemampuannya harus lebih baik.

“Kita berkomitmen walaupun anggaran kabupaten terbatas, kita tetap berjuang untuk mencarikan anggaran untuk Diklat PKB ini sebagai bagian dari keseriusan kita untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Bone Bolango,” ujarnya.

Hamim menambahkan, Diklat PKB sebagai salah satu upaya menjawab dan sekaligus memberikan solusi terhadap peningkatan kompetensi guru, maka tidaklah berlebihan jika diklat ini mampu menjadi titik tolak untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia baik secara nasional maupun lebih khusus di daerah ini.

Untuk itu, Hamim berharap kegiatan Diklat PKB tersebut terus dilaksanakan secara berkesinambungan melalui komunitas guru dan wadah pengembangan kompetensi lainnya agar para pendidik maupun guru di Kabupaten Bone Bolango lebih maju, modern, berkualitas, berprestasi serta lebih cemerlang. 

Dia pun meminta kepada para peserta diklat, agar memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk menambah pengetahuan dan wawasan, serta betul-betul diharapkan menjadi pembangun insan cendekia yang berkompeten profesional dan menjadi figur teladan bagi peserta didik.

Sebelumnya, Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Bone Bolango, Marni Nisabu melalui panitia pelaksana Ismail Huntua, menjelaskan tujuan diklat PKB, diantaranya untuk memberikan muatan dan pemantapan kepada guru agar memiliki wawasan dan pengetahuan pendidikan yang lebih memadai dan kontruktif dalam memberikan pelayanan pendidikan yang maksimal.

Selain itu, untuk memfasilitasi guru dalam mencapai standar kompetensi yang ditetapkan dan juga memotivasi guru untuk tetap memiliki komitmen melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga profesional.

“Peserta Diklat PKB ini adalah guru dan tenaga kependidikan jenjang TK, SD, dan SMP se-Kabupaten Bone Bolango,” jelasnya. (MC Bone Bolango/Humas/Kadir)