Kemenhub Terapkan Inaportnet di Pelabuhan Sorong dan Banten

:


Oleh Dian Thenniarti, Rabu, 20 September 2017 | 19:03 WIB - Redaktur: Juli - 452


Jakarta, InfoPublik - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sorong Johnny Silalahi, dan Kepala KSOP Banten Abdul Azis menandatangani Pakta Integritas penerapan inaportnet Pelabuhan Sorong dan Banten, di Jakarta, Rabu (20/9). 

Penerapan Inaportnet di pelabuhan menurut Pelaksana Tugas Dirjen Perhubungan Laut Bay M Hasani, bertujuan meningkatkan pelayanan kapal dan barang di pelabuhan agar dapat berjalan cepat, valid, transparan, dan berstandar, serta biaya yang minimal. "Penerapan inaportnet di pelabuhan dapat meningkatkan daya saing pelabuhan di Indonesia," jelas Bay.

Menurut Bay, penerapan Inaportnet merupakan Quick Win Menteri Perhubungan yang harus diterapkan di 16 pelabuhan di Indonesia. Pada tahap awal Inaportnet telah diterapkan pada 2016 di empat pelabuhan utama, dan akan diterapkan di 12 pelabuhan lainnya pada 2017 ini.

Inaportnet di Pelabuhan didukung oleh Sistem Internal Kemenhub yang meliputi Sistem Informasi Lalu Lintas dan Angkutan Laut (SIMLALA), Sistem Kapal Online,  Aplikasi Sertifikasi Pelaut, dan Sistem Informasi Kepelabuhanan. 

"Selain itu, penerapannya juga harus didukung oleh sistem yang ada pada Badan Usaha Pelabuhan (BUP)," tutup Bay.