Palembang Target 2,1 Juta Wisatawan

:


Oleh MC Kota Palembang, Selasa, 12 September 2017 | 14:31 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 237


Palembang, InfoPublik - Pemerintah Kota Palembang menargetkan kunjungan wisatawan manca negara dan wisatawan nusantara meningkat pesat di tahun ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani, mengatakan, tahun lalu sebanyak 1,9 juta orang wisatawan nusantara dan sebanyak 9 ribuan wisatawan manca negara bertandang ke Palembang.

“Tahun ini target kita sebanyak 12 ribu wisatawan manca negara dan 2,1 juta wisatawan nusantara bisa datang ke Kota Palembang,” Isnaini menyebutkan, Selasa (12/9).

Untuk mencapai itu, Pemerintah Kota Palembang pun menata dan manambah destinasi wisata. Mulai dari pengecatan rumah rakit warna-warni di tepian Sungai Musi, penataan Kampung Arab Al-Munawar, Kampung Kapiten, Bukit Siguntang, Sekanak Kerihin hingga beberapa objek wisata baru.

Seperti tugu belido yang dibangun dipelataran Benteng Kuto Besak dan atraksi seni, budaya dan kuliner di Pedestrian Sudirman setiap Satu-Minggu malam.

Selain itu, ada pula destinasi wisata Sungai Musi, Lorong Basah, Plaza BKB, air terjun Ampera, air mancur menari yang berada di Sungai Musi, Monpera Kreatif Corner, dan taman sky park.

Palembang juga ada paket wisata musi tur yang akan mengunjungi kawasan bangunan religi seperti masjid, dan tambahan paket kuliner dan belanja di satu hari penuh.

"Selain itu kami juga akan meminta jam operasional museum di Palembang bisa dibuka sampai malam,” kata Isnaini.

Ia melanjutkan, semakin banyaknya destinasi Palembang, akan mengundang wisatawan lebih banyak lagi. Hal ini tentu dapat menguntungkan terutama dari segi ekonomi.

"Kalau tempat wisata hidup, dapat meningkatkan ekonomi, terutama masyarakat sekitar. Bisa berjualan oleh-oleh, makanan, sewa penginapan hingga juru parkir,” ujar Isnaini.

Menurut dia, wisatawan asing memiliki tujuan wisata berbeda-beda. Seperti wisatawan asal Malaysia lebih banyak memilih untuk berbelanja di Pasar 16 Ilir dan kawasan songket di Suro. Sedangkan asal Singapura lebih banyak menghabiskan waktu untuk belanja, dan wisatawan cina lebih memilih mengunjungi wisata Kelenteng yang berada di 10 Ulu, Kampung Kapitan dan Pulau Kemaro.

“Wisatawan Malaysia, Cina dan Singapura memang yang paling banyak ke Palembang,” kata Isnaini.(MC.Kota Palembang/Ratih/Hidayatullah/Eyv)