PUM Netherlands Senior Expert Belanda Kunjungi Bone Bolango

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Senin, 11 September 2017 | 20:36 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 1K


Bone Bolango, Infopublik - Kehadiran Programma Uitzending Manajer (PUM) Netherlands Senior Expert Mr Ton Van Den Oener (ahli tata kelola kota, drainase, limbah, dan lingkungan hidup) diapresiasi Bupati Bone Bolango Hamim Pou.

Hal ini terungkap dalam pertemuan Bupati Hamim Pou dengan PUM Netherlands Senior Expert Mr Ton Van Den Oener, di kantor PDAM Bone Bolango, Senin (11/9).

Kunjungan Ton Van Den Oener di Kabupaten Bone Bolango ini terkait dengan komitmen Pemerintah Kerajaan Belanda dengan Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan untuk mendukung keberhasilan pencapaian penghargaan Adipura yang telah diraih oleh pemerintah Kabupaten Bone Bolango.

Kepada Ton Van Den Oener, Bupati Hamim Pou menjelaskan tentang tiga hal yang menjadi kebutuhan Kabupaten Bone Bolango, diantaranya terkait sistem pengolahan sampah atau limbah di rumah sakit (limbah medis), kemudian Bone Bolango belum punya Tempat Pembuangan Akhir (TPA), dan pengelolaan pesisir pantai atau laut.

“Tiga hal ini yang menjadi prioritas untuk dibenahi dan sangat cocok untuk kebutuhan Kabupaten Bone Bolango. Diharapkan ini bisa dibantu oleh PUM,” ujar Hamim Pou dan berharap kedatangan PUM tahap kedua nanti sudah dengan investor.

Sementara itu, Mr Ton Van Den Oener mengatakan sangat merespon apa yang menjadi harapan dari Bupati Bone Bolango Hamim Pou tersebut. Menurutnya, karena tugas PUM itu adalah fasilitator, maka ini akan disampaikan kepada PUM. Mudah-mudahan akan ditindaklanjuti pada tahap berikutnya dengan mendatangkan investor yang sesuai dengan kebutuhan Bone Bolango tersebut.

“Sebagai ahli, tentu tugas saya adalah mengindentifikasi apa yang menjadi masalah, kendala dan juga kebutuhan Kabupaten Bone Bolango. Ternyata ada tiga masalah utama yang disampaikan Bupati dan perlu untuk dibenahi, yakni tentang pengelolaan sampah di rumah sakit, TPA belum ada, dan tata kelola pesisir laut belum ada,” katanya.

Mr Ton Van Den Oener menjelaskan bahwa keberadaan PUM di Indonesia, khususnya di Kabupaten Bone Bolango, ini semata-mata sebuah komitmen Pemerintah Kerajaan Belanda untuk membantu Indonesia dalam hal lingkungan hidup.

Pantauan di lokasi, turut hadir dalam pertemuan Bupati Hamim Pou dengan PUM Netherlands Senior Expert Mr Ton Van Den Oener, diantaranya Asisten I Taufik Sidiki, Asisten II Tanwir Ali, Tim Kerja Bupati Irwan Bempah dan Yuriko Kamaru, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Direktur PDAM Yusar Laya, dan Kapolsek Kabila AKP Omizon Eka Putra. (MC Bone Bolango/Humas/Kadir)