Bupati Sergai Diundang The 3rd ALGOA Summit Korea Selatan

:


Oleh dishubkominfo kab serdang bedagai, Senin, 4 September 2017 | 11:08 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 332


Serdang Bedagai, InfoPublik-Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman bersama dengan 16 Negara lainnya menghadiri undangan The 3rd Asia Local Government For Organic Agriculture (ALGOA) Summit (Kongres Tingkat Tinggi ke-III) yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Goesan Country Mr. Mayor Na, Young Chan bertempat di Main Conference Hall, Chungbuk Organic Agriculture Research Institute ( Balai Penelitian Konferensi Utama, Balai Penelitian Pertanian Organik Chungbuk) Korea Selatan, Kamis (31/8).

Pertemuan ini merupakan agenda rutin yang setiap tahun dilaksanakan dalam rangka diskusi sesama anggota ALGOA sekaligus sharing tentang perkembangan pertanian organik disetiap negara yang meliputi perkembangan sistem produksi, peluang pasar dan penemuan-penemuan baru seputar pertanian organik. Demikian disampaikan langsung dari Korea Selatan oleh Bupati Sergai Ir. H.  Soekirman kepada Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sergai Ikhsan via WhatsApp, Jumat (01/9).

Lebih lanjut diutarakannya bahwa The 3rd ALGOA ini merupakan Kongres Tingkat Tinggi ke-III bersama 16 Negara diantaranya Iran, Kirgiztan, India, Asia Selatan, Asia Timur, Asia Tengah dan Asia Tenggara. Selain itu juga dihadiri undangan dari Federasi Internasional Gerakan Pertanian Organik/Internasional Federation of Organik Agriculture Movements (IFOAM) Asia dan IFOAM International.

Dijelaskannya bahwa kehadiran Bupati Soekirman pada perhelatan tersebut adalah untuk memenuhi undangan dari Presiden ALGOA. Hal ini dikarenakan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat dinilai memiliki potensi pengembangan pertanian organik di Indonesia sekaligus menawarkan untuk menjadi anggota dari ALGOA.

Ia menambahkan, ALGOA 3rd Summit di Goesan (Country di Provinsi Chungcheong Utara, Korea Selatan) nantinya akan dimeriahkan dengan  Red pepper festival (festival cabe). Kemeriahan Festival ini akan dikunjungi oleh masyarakat Korea selatan dan para peserta Summit. Festival cabe ini merupakan iven Tourism yang sudah ada secara rutin sejak 17 tahun yang lalu, katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Delegasi Aliansi Organik Indonesian (AOI) Indro Surono  memaparkan tentang program Nawacita khususnya di bidang pangan yg dikemas dengan program 1000 Desa pertanian organik yang di implementasikan dari UU 41 tahun 2009 tentang lahan pangan berkelanjutan sesuai dengan Permentan Nomor 64 Tahun 2013 tentang Pangan Organik.  Kongres ini akan dilanjutkan penyelenggaraannya pada Nopember 2017 mendatang bertempat di Negara India.

Sergai Menjadi Anggota  ALGOA

Lebih lanjut disampaikan Soekirman, setelah menjajaki sekaligus berdiskusi tentang perkembangan pertanian organik, hal yang paling menggembirakan adalah Kabupaten Sergai akhirnya diterima sebagai anggota penuh (full member) ALGOA. Hal ini ditandai dengan penandatanganan MoC (Memorandum official Commitmennt) oleh Presiden ALGOA, Presiden IFOAM  Asia dan Bupati Soekirman bertempat di ALGOA Summit Goesan, Chungbuk Province, Korea selatan, Jum'at (01/9).

Bergabungnya Kabupaten Sergai atas rekomendasi  dari AOI. "Ternyata selama ini Ketua AOI Indro Surono diam-diam telah mengikuti perkembangan Kabupaten Sergai dalam keseriusannya melaksanakan pertanian organik sebagai bagian dari program kedaulatan pangan Nawacita utk 1000 desa di Indonesia," kata Soekirman.

Dengan berhasilnya Sergai sebagai full member ALGOA, maka akan terbuka peluang kerjasama dalam peningkatan pertanian organik baik dalam hal produksi, pemasaran dan riset diantara negara-negara Asia.

Hal ini tentunya berdampak positif bagi kemajuan yang sangat pesat bagi Kabupaten Sergai, pungkas Bupati Sergai Soekirman. (MCSerdang Bedagai /Vivi/Eyv)