SMA Muhammadiyah Kalosi Jadi Rujukan Awal Pendidikan Literasi

:


Oleh MC Kab. Enrekang, Kamis, 31 Agustus 2017 | 08:36 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 1K


Enrekang, Infopublik - Program budaya literasi di sekolah kini semakin dikembangkan. SMA Muhammadiyah Kalosi pun mulai memperkenalkan literasi kepada peserta didiknya melalui Sosialisasi Literasi, Rabu 30 Agustus.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pengembangannya bisa berupa Lomba Menulis Cerpen.

Kepala SMA Muhammadiyah Kalosi, Udi D mengatakan, kegiatan tersebut bakal rutin dilaksanakan. Bahkan ia berencana menggelarnya dalam lima kali pertemuan.

"Sosialisasi literasi ini semacam persiapan bagi kita untuk mengadakan program literasi di sekolah. Terlebih dahulu peserta diakrabkan dengan makna literasi itu sendiri," terangnya.

Peserta dalam kegiatan Sosialisasi Literasi itu berasal dari guru SMA Muhammadiyah Kalosi, guru SMA 1 Masalle, dan beberapa guru dari sekolah lainnya, komite dan siswa-siswi SMA. Ada sekira 50 orang yang hadir dalam sosialisasi tersebut.

"Literasi sebenarnya bagian yang integral dengan pedagogi dan kepustakaan sekolah, karena ketiganya merupakan poros pendidikan yang tak lepas dari kultur membaca dan menulis," tambah Irsan. (MC Enrekang)