Pemkab Kubu Raya Akan Programkan Budi Daya Kepiting Keramba

:


Oleh MC Kabupaten Kubu Raya, Rabu, 30 Agustus 2017 | 11:11 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 376


Kubu Raya, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat akan menjadikan pengembangan budi daya kepiting keramba menjadi salah satu programnya.

Bupati Kubu Raya Rusman Ali menyambut baik dan mendorong perkembangan budi daya kepiting yang mulai dikembangkan oleh masyarakat pesisir Kubu Raya di Desa Nipah Panjang, Kecamatan Batu Ampar Kubu Raya.

Rusman Ali mengatakan, budi daya kepiting merupakan peluang yang sangat besar bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat. Selain karena hasilnya sangat menjanjikan juga membuka lapangan pekerjaan.

Dengan budi daya kepeting keramba di tengah-tengah hutan mangrove sekaligus dapat menjaga keutuhan mangrove yang sangat indah.

"Ini sangat baik untuk kita kembangkan. Ini dapat membuka lapangan pekerjaan masyarakat pesisir khususnya yang ada di sekitar hutan mangrove kita ini. Budi daya kepiting keramba mereka lakukan didalam hutan mangrove tanpa merusak sedikitpun dari mangrove-mangrove kita," ujar Rusman Ali saat melakukan panen kepiting hasil budi daya di keramba kepiting di Desa Nipah Panjang, Selasa (29/8)

Rusman Ali menerangkan potensi tersebut akan menjadi bagian dari program pemerintah Kubu Raya dalam program sejuta keramba.

"Kita memiliki program sejuta keramba yang selama ini baru kita kembangkan keramba apung masyarakat pesisir sungai dan pesisir pantai. Kedepan akan kita lakukan juga terhadap pengembangan kepiting keramba. Hasilnya sangat baik dan kepitingnya juga lebih banyak isinya ketimbang kepiting hasil tangkap di laut," terang Rusman Ali. (MC KubuRaya/ird/elvira)