Imunisasi MR Targetkan Awal September 95 Persen

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Selasa, 29 Agustus 2017 | 06:41 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 288


Sumenep, Infopublik -  Kampanye imunisasi Measles-Rubella (MR) yang berlangsung di seantero Pulau Jawa di Indonesia dilaksanakan sejak 1 Agustus 2017, dan di Kabupaten Sumenep sendiri hingga tanggal 26 Agustus kemarin sudah mencapai 65 persen dari target kegiatan Imunisasi MR.

Kepala Bidang Penanggulangan Masalah Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Dwi Regnani kepada Media Center, Senin (28/08) mengungkapkan, jika kegiatan Imunisasi MR akan terus dilaksanakan hingga bulan September mendatang, mengingat masih ada masyarakat yang menolak dilakukan Imunisasi MR.

“Melihat persentasi yang sudah dicapai, kami pastikan hingga akhir bulan Agustus ini bisa mencapai 68 persen, bahkan sesuai target hingga awal September sudah bisa mencapai 95 persen,” ungkapnya.

Diakui mantan Kepala Puskesmas Batuputih ini, salah satu kendala kegiatan Imunisasi MR di Sumenep ini, karena sebagian masyarakat belum memahami kegiatan Imunisasi MR. Karena memang dampaknya tidak langsung sekarang, namun nanti sepuluh hingga belasan tahun kemudian.

Seperti halnya untuk menekan angka kematian anak akibat penyakit campak, dan mengurangi jumlah bayi terlahir cacat (sindrom rubella kongenital) karena ibunya terinfeksi virus rubella saat hamil. Dan itu perlu dipahami oleh masyarakat, agar tidak sampai menyesal dikemudian hari.

“Jadi, kami akan terus memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar mereka mengerti untuk melakukan imunisasi MR demi masa depan anak-anak kita,” tambahnya.

Sekadar diketahui, kegiatan imunisasi MR merupakan program imunisasi massal yang melibatkan rentang kelompok umur cukup panjang, yaitu bayi berusia 9 bulan sampai siswa SMP berusia kurang dari 15 tahun. (Ren/Esha/Fer)