Cilacap, InfoPublik - Dalam rangka memperingati HUT ke-72 RI , Detasemen Jala Mengkara (Denjaka), pasukan elit TNI AL sukses mengibarkan bendera merah putih raksasa di pantai Teluk Penyu Cilacap, Kamis (17/8).

Pengibaran bendera berukuran 9 x 12 m itu dilakukan dalam upacara bendera dan detik-detik proklamasi HUT ke-72 RI. Bertindak sebagai inspektur upacara Komandan Latihan Kolonel Marinir Bambang Wahyuono, dengan peserta upacara Pasukan Denjaka TNI AL, Paguyuban Nelayan dan Komunitas Air Softgun Cilacap.

Komandan Denjaka, Kolonel Marinir Bambang Wahyuono mengatakan' "Kami ingin menunjukkan pada dunia, bahwa Indonesia adalah Negara besar yang punya segalanya, laut dan daratan yang luas, sumber daya manusia yang cukup banyak untuk meningkatkan kewibaan kita di mata dunia sebagai Negara yang besar,".

Peringatan HUT ke-72 RI dilakukan bersamaan dengan kegiatan pelatihan Denjaka di Teluk Penyu. Hari ini serentak seluruh masyarakat Indonesia memperingati HUT ke-72 RI, Pasukan Denjaka memperingatinya di Cilacap, karena kebetulan sedang pelatihan di Cilacap. Kegiatan tersebut juga sebagai momentum untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki sumber daya laut yang melimpah.

Kolonel Bambang menambahkan, dipilihnya Cilacap sebagai lokasi latihan, karena Cilacap penyangga terluar ibukota, seperti halnya Cirebon, Ciamis dan sekitarnya. Diharpkan, kehadiranya di Cilacap bisa mempererat antara masyarakat dan TNI yang menjadi benteng terakhir pertahanan negara, dalam upaya mendukung program pemerintah mewujudkan indonesia sebagai poros maritim dunia.

Pengibaran bendera raksasa dilakukan di bagian Mercusuar, berjarak sekitar 200 m dari bibir pantai sebagai lokasi upacara. Kegiatan diawali aksi 75 prajurit Denjaka yang berenang dari pantai ke laut lepas dan kembali lagi ke pantai, dengan total jarak tempuh 10 km. Waktu tercepat diraih oleh Serda Marinir Subiyanto (28) dengan catatan 1 jam 47 menit.(MC.Cilacap/Arin/Wid/Eyv)