Bupati Agam Pastikan Hewan Qurban Cukup Jelang Idul Adha 1438 H

:


Oleh MC Kab Agam, Selasa, 15 Agustus 2017 | 13:43 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 570


Lubuk Basung, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Agam memastikan ketersediaan hewan qurban di daerah itu cukup. Hal ini diungkapkan Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah, disela-sela kegiatannya mengikuti Pendidikan Lemhanas, Kamis (10/8).
 
Menurut Indra Catri, pemotongan hewan qurban pada Idul Adha 1438 H/2017 M, tidak mempengaruhi stok ketersediaan hewan pedaging ke depan, karena hal ini telah menjadi siklus tahunan, sehingga pada pedagang/peternak telah mengantisipasinya sejak jauh hari.
 
Diperkirakan kebutuhan  hewan qurban tahun 2017 ini, sebanyak 4.774 ekor, terdiri dari 4.686 ekor sapi, dan 88 ekor kambing. Perkiraan itu berdasarkan data yang dihimpun di lapangan, dan kemungkinan nantinya ada penambahan hewan qurban yang akan dipotong, yang biasanya merupakan sumbangan dari para perantau.
 
Lebih jauh Indra Catri mengatakan, hal ini membuktikan bahwa tingkat kesadaran untuk berqurban masyarakat di Kabupaten Agam masih tinggi, yang tentu saja berbanding lurus dengan tingkat kesholehan sosial masyarakat.
 
"Diperkirakan perputaran uang untuk hewan qurban di Kabupaten Agam Rp75 miliar lebih," ujarnya.
 
Sementara Kepala Dinas Pertaian Kabupaten Agam, Afdhal mengatakan, saat ini secara marathon pihaknya terus melakukan pengawalan, dan pendampingan berupa sosialisasi kepada masyarakat menjelang Idul Adha 1438 Hijriah.
 
"Saat ini, kami telah memberikan sosialisasi secara bertahap kepada panitia qurban di seluruh kecamatan terkait dengan syarat-syarat sapi yang akan disembelih saat Idul Adha," ujarnya.
 
Menurutnya, hewan qurban yang akan disembelin saat Idul Adha harus memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang dikeluarkan setelah diperiksa oleh petugas kesehatan hewan. Selain itu, hewan qurban harus cukup umur, tidak cacat, dan jantan.
 
"Penanganan hewan saat disembelin untuk qurban haruslah ASUH, artinya Aman, Sehat, Utuh dan Halal," ujarnya pula. (mcagam)