Pangdam XIII Merdeka Tutup TMMD di Bone Bolango

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Kamis, 3 Agustus 2017 | 02:27 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 559


Bone Bolango, Infopublik -  Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka, Mayor Jenderal TNI Ganip Warsito, resmi menutup rangkaian pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 tahun anggaran 2017 di wilayah Kodim 1304/Gorontalo, tepatnya di Desa Tulabolo Timur Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango.

Pangdam XIII/Merdeka, Mayor Jenderal TNI Ganip Warsito dalam sambutannya pada upacara penutupan TMMD ke-99 tahun anggaran 2017, yang dilaksanakan di Desa Pangi Kecamatan Suwawa Timur, Rabu (2/8), mengatakan selama satu bulan sejak tanggal 4 Juli 2017, para prajurit, pemerintah daerah dan segenap komponen masyarakat telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke-99 di Kabupaten Bone Bolango.

“Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam memgatasi berbagai permasalahan bangsa pada masa sekarang ini, termasuk membantu pemerintah daerah mempercepat pembangunan di daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat guna menyiapkan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara,” katanya.

Ganip Warsito menyebutkan, bahwa program TMMD masih sangat dibutuhkan mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana dan prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat relevan dan sesuai dengan koridor undang-undang.

Ditambahnya, program TMMD ke-99 tahun 2017 merupakan tahun ke tiga dari rencana strategis TNI AD tahun 2015-2019. Keberhasilan ini sangat penting karena menjadi titik tolak keberhasilan tahun-tahun selanjutnya.

“Olehnya itu perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan hasil kegiatan melalui proses yang prima, selektif, dan akurat di lapangan, maka akan menghasilkan kegiatan yang optimal,” tutur Ganip Warsito.

Sementara itu, Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma saat diwawancarai usai upacara penutupan TMMD tersebut, mengatakan  pelaksanaan TMMD ke-99 tahun anggaran 2017 ini, merupakan bagian upaya pemerintah daerah bekerjasama dengan TMMD guna membangun akses jalan rabat beton di Desa Tulabolo Timur, Kecamatan Suwawa Timur.

“Akses jalan ini juga merupakan akses jalan menuju ke Kecamatan Pinogu,” katanya.

Nah, lewat konsep kerja sama dengan TNI melalui pelaksanaan TMMD, itu kita harapkan akses jalan dari Desa Tulabolo Timur, Kecamatan Suwawa Timur menuju Kecamatan Pinogu yang kurang lebih 42 Km itu bisa selesai pembangunannya.

“Alhamdulillah sejak dari tahun 2013 pembangunan akses jalan rabat beton menuju ke Pinogu ini sudah hampir 6 Km yang sudah selesai kita bangun dengan bekerjasama dengan TNI melalui program TMMD. Dan ada pula beberapa potongan jalan rabat beton yang sudah dikerjakan lewat dana desa,” ulas Sekda Ishak Ntoma. (MC Bone Bolango/Humas/Kadir)