Warga Tulabolo dan Tulabolo Timur Senang Menerima TMMD

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Selasa, 1 Agustus 2017 | 03:15 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 487


Bone Bolango, Infopublik - Kehadiran Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 di Desa Tulabolo dan Tulabolo Timur, Kecamatan Suwawa Timur, sangat diterima oleh masyarakat.

Pasalnya, TMMD tidak hanya memfokuskan programnya pada kegiatan-kegiatan fisik, seperti pembangunan jalan, MCK, pos kamling dan renovasi masjid. Namun ada pula kegiatan non fisik dalam bentuk penyuluhan dan sosialisasi.

Namun demikian, inti dari kegiatan TMMD ini adalah bagaimana melayani masyarakat dengan baik, memupuk kebersamaan dan memperkuat silaturahim antara TNI dan masyarakat.

"Alhamdulillah, sejak hari pertama sampai dengan sekarang, masyarakat sangat terbuka menerima kehadiran TNI," ujar Danki SSK TMMD Kapten Inf Andi Basran, Senin (31/7).

Kapten Inf Andi Basran mengungkapkan keakraban dan kebersamaan TNI dan masyarakat terus terbangun yang bisa dilihat dalam setiap kegiatan TMMD. Salah satu yang menjadi perhatian adalah kebersamaan antara TNI dan masyarakat makan bersama di lokasi TMMD.

Dimana makanan tersebut dimasak dan dihidangkan langsung oleh warga secara sukarela. Bukan itu saja, warga juga sering kali terlihat gotong-royong membantu kegiatan TMMD. Seperti halnya beberapa warga Dusun II Desa Tulabolo Timur yang tergabung dalam kelompok dasawisma, nampak sibuk menyiapkan makan siang bagi anggota TMMD.

Hamida Najib mewakili warga lainnya sangat bersyukur bisa membantu prajurit TMMD. "Alhamdulillah kami bisa membantu menyediahkan makanan untuk prajurit TMMD meskipun seadanya. Semua ini disiapkan secara sukarela oleh masyarakat," ucapnya.

Hamida juga sangat berterima kasih kepada prajurit TMMD yang gigih membangun akses jalan rabat beton yang menghubungkan Desa Tulabolo dan Tulabolo Timur. Apalagi sebelum ada TMMD, akses jalan ini sangat parah.

"Ini juga bentuk kesyukuran kami karena TNI sudah membangun dan memperbaiki jalan ini. Kami benar-benar sangat berterima kasih kepada TNI," ungkapnya.

Memang kalau dilihat, kegiatan makan bersama antara TNI dan masyarakat hampir rutin setiap hari, baik sarapan pagi, makan siang maupun makan malam. "Inilah bukti rakyat benar-benar mencintai TNI, rakyat sangat dekat dan menyatu dengan TNI," jelas Kapten Basran. 

Kapten Basran juga berharap melalui kegiatan-kegiatan TMMD, baik program fisik maupun non fisik, bisa memberikan manfaat yang besar untuk kepentingan dan kemaslahatan rakyat Gorontalo, khususnya masyarakat Bone Bolango yang ada di Pinogu, Tulabolo Timur dan Tulabolo. (MC Bone Bolango/RG/Awal/Hms/Kadir)