Dirut PT Semen Tonasa: Tonasa Tidak Sekedar Eksploitasi

:


Oleh MC Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Jumat, 21 Juli 2017 | 08:39 WIB - Redaktur: Kusnadi - 800


Pangkep, InfoPublik - Kunjungan 23 peserta Progran Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LVI Lemhanas RI, di Kabupaten Pangkep, yang berlangsung di kantor pusat Tonasa, Rabu (19/7), juga dimanfaatkan peserta untuk mempertanyakan proses penanganan kerusakan akibat eksploitasi yang dilakukan Tonasa.

Menjawab pertanyaan peserta, Direktur Utama PT Semen Tonasa, A. Unggul Attas, mengatakan, bahwa terkait pencemaran dan eksploitasi alam yang dilakukan Tonasa, pihaknya sudah melakukan reboisasi dan mengalokasikan anggaran CSR.

"Karena bahan dasar semen yang kita gunakan kapur dan tanah liat, untuk itu kita ledakkan gunung. Namun bekas galian tanah liat di lokasi kita, juga kita manfaatkan, kita jadikan kolam, kita isi ikan, ditanami pohon disekitarnya, bahkan menjadi tempat rekreasi," ungkap Unggul.

Ditambahkan Unggul, bahwa pihaknya tidak menampik, bahwa ekploitasi alam yang dilakukannya untuk produksi semen adalah dengan merusak alam. Namun dengan adanya Tonasa, tidak sedikit manfaat yang dirasakan masyarakat Pangkep itu sendiri.

"CSR kita, kita alokasikan dalam bentuk bantuan air bersih di beberapa desa di Pangkep. Kita juga menampung limbah dari masyarakat, apa saja, termasuk sekam padi untuk digunakan sebagai bahan bakar penunjang batu bara," kata Unggul.

Sementara itu, Tenaga Ahli Bidang Ketahanan Nasional Lemhanas, Marsda Supriharsanto, mengatakan bahwa, yang terpenting dari perusahaan adalah apa yang telah dibuat perusahaan terhadap masyarakat sekitar.

"Kan BUMN, sudah berbuat apa untuk lingkungannya, itu yang kita gali. Kejar provit ya pasti, tapi jangan abaikan ramah lingkungan," tukas Supriharsanto.(mujib/edi/Kus)