TP UKS Sumbar dan Dharmasraya Bina 4 Sekolah UKS

:


Oleh MC Kab Dharmasraya, Jumat, 14 Juli 2017 | 13:13 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 680


Dharmasraya, InfoPublik - Tim Pembina (TP) Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Provinsi Sumatera Barat dan TP UKS Kabupaten Dharmasraya melakukan pembinaan terhadap empat sekolah peserta Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2017, pada Kamis (13/7).

Tim Pembina UKS Propinsi Sumatera Barat dipimpin oleh Kasubag Penanganan Masalah Sosial pada Biro Kesra Sekretariat daerah Propinsi Sumatera Barat, Hendri Oktavia Hatta. Tim beranggotakan tiga orang, berasal dari tiga instansi berbeda, yaitu Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Kantor Kementerian Agama Propinsi Sumatera Barat.

Sementara itu, TP UKS Kabupaten Dharmasraya yang turut mendampingi dipimpin oleh Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan (Kabag Adm Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Dharmasraya, Syafrudin, yang didampingi utusan Dinas kesehatan, Jadi, SKM, dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya, Desmahalita.

Syafrudin mengatakan, pada 2017 ini, ada empat sekolah di Kabupaten Dharmasraya yang mendapat pembinaan. Keempat sekolah itu akan berkompetisi dalam ajang Lomba Sekolah Sehat tingkat Propinsi Sumatera Barat, yaitu TK Negeri Pembina Pulau Punjung, SD Negeri 20 Sitiung, SMP Negeri 01 Pulau Punjung, SMA Negeri 01 Pulau Punjung.

Pada sesi lain, Ketua Tim Pembina UKS Propinsi Sumatera Barat, menuturkan, penilaian LSS Tingkat Propinsi Sumatera Barat akan dilaksanakan mulai minggu ketiga Agustus sampai minggu ketiga Oktober 2017.

Ia menambahkan, secara umum, sekolah peserta LSS di Dharmasraya sudah menunjukkan aksi nyata dalam pelaksanaan program UKS. Semoga ada satu atau dua sekolah yang termasuk nominasi di tingkat provinsi Sumbar dan mewakili Sumbar ke ajang LSS tingkat Nasional nanti.

Selain itu, perlu ditingkatkan partisipasi pihak terkait dan masyarakat di sekitar sekolah, karena hal tersebut merupakan salah satu indikator penting dalam penilaian, katanya.

Secara terpisah, Sekretaris Pendidikan Kabupaten Dharmasraya, Reno Lazuardi menerangkan, selain pembinaan yang dilakukan oleh TP UKS propinsi Sumatera Barat, juga telah dilaksanakan pembinaan secara berkala oleh TP UKS Kabupaten Dharmasraya sejak bulan Maret yang lalu.

Jika dicermati kondisi sekolah peserta, tambahnya, saat ini kita optimis bisa mendapatkan minimal tiga kategori juara dalam ajang LSS tingkat propinsi Sumbar 2017.

Target tersebut lebih rendah dari capaian pada 2016, dimana Kabupaten Dharmasraya tampil sebagai juara umum dalam ajang yang sama, dengan menggondol empat juara dari semua jenjang pendidikan, yaitu juara I untuk jenjang TK/RA atas nama TK Aisyiah Bustanul Athfal (ABA) Pulau Punjung, juara III jenjang SD/MI atas nama SD Negeri 13 Sitiung, juara 2 jenjang SMP/MTs atas nama SMP Negeri 02 Pulau Punjung dan juara III jenjang SLTA atas nama SMA Negeri 01 Koto Baru. *MHs/MCDharmasraya**