H+1 Lebaran, TMII Targetkan 60.000 Jumlah Pengunjung

:


Oleh Dian Thenniarti, Selasa, 27 Juni 2017 | 21:23 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Jakarta, InfoPublik - Memasuki H+1 Lebaran, jumlah pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sampai pukul 12.00 WIB mencapai 23.457 orang. 

"Kami prediksikan jumlah pengunjung pada H+1 Lebaran ini akan mencapai 50 ribu - 60 ribu orang," ujar Ketua Umum Panitia Pekan Lebaran TMII, Diono kepada InfoPublik di Jakarta, Selasa (27/6).

Sementara jumlah kendaraan yang masuk, hingga pukul 12.00 WIB berjumlah 7 unit untuk bus, 4.570 untuk kendaraan roda dua (motor), dan 3.218 untuk roda empat (mobil).

"Pada musim libur Lebaran, jumlah kendaraan besar seperti bus memang jarang, kendaraan yang masuk kesini pada masa libur Lebaran lebih di dominasi motor dan mobil pribadi," jelas Diono.

Lebih lanjut, Diono mengemukakan, selama masa libur Lebaran ini, TMII mengusung tema Lepas Rindu Kampoeng Halaman. "Dengan tema itu, pengelola berusaha memfasilitasi warga Jabodetabek terutama yang tidak mudik, untuk tetap bisa merasakan suasana di daerah asal masing-masing dengan mengunjungi anjungan-anjungan daerah yang tersedia," katanya.

Tidak hanya itu, guna menghibur para pengunjung, manajemen telah menyiapkan delapan panggung hiburan yang akan diisi dengan pertunjukan musik dan pagelaran seni.

Selain panggung hiburan, Diono mengatakan, manajemen juga telah menyiapkan berbagai wahana hiburan lainnya. Sejumlah wahana menarik lainnya adalah Snow Bay, skyworld tentang antariksa, dan Taman Legenda yang berisi replika dinosaurus.

Tidak hanya itu, Diono menjabarkan, bagi pengunjung yang hendak berkeliling ke Indonesia, cukup membayar Rp20.000 per orang, sudah bisa mengelilingi dan mempelajari budaya Indonesia dengan kereta mini.

"Kami baru saja merenovasi kereta mini. Stasiunnya juga diperbaiki. Ini juga sebagai daya tarik pengunjung. Jalurnya cukup panjang ya sekitar 3 kilometer. Harga tiket Rp20.000/orang," ujarnya.

Pengunjung yang ingin berkumpul bersama keluarga besar maupun paguyuban daerahnya, TMII juga telah mengizinkan untuk menggunakan anjungan asal daerah masing-masing dengan koordinasi terlebih dahulu kepada pengurus anjungan.

Untuk harga tiket, Diono menyebutkan, selama libur panjang Lebaran ini pihak pengelola TMII menaikkan harga tiket masuk dari Rp10.000 menjadi Rp15.000 dengan operasional mulai pukul 07.00 WIB - 22.00 WIB. "Kenaikan harga ini hanya akan berlangsung sejak 25 Juni 2017 - 9 Juli 2017 saja,"jelasnya.

Sebelumnya, pengelola TMII telah menargetkan jumlah kunjungan wisatawan selama dua pekan 25 Juni-9 Juli 2017 massa Libur Lebaran akan mencapai 350 ribu orang.