Jelang Lebaran, Armada Bus di Terminal Cepu Diperiksa

:


Oleh MC Kabupaten Blora, Kamis, 15 Juni 2017 | 09:22 WIB - Redaktur: Kusnadi - 568


Blora, InfoPublik - Petugas gabungan dari Terminal Bus Cepu dan Satlantas Polres Blora, Jawa Tengah, melakukan pemeriksaan kelaikan angkutan umum menjelang hari Lebaran 2017. Kegiatan itu dilakukan untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut benar-benar aman untuk angkutan Lebaran.

Saat pemeriksaan, petugas gabungan tersebut sempat menemukan kendaraan yang tidak sesuai trayek dan mengalami kendala.

"Satu Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) tidak sesuai trayek. Namun, Bus yang digunakan merupakan cadangan," jelas Koordinator Terminal Cepu, Agus Warih Sungkowo, di Cepu, Selasa, (13/6).

Mengetahui hal itu, pihaknya masih memberikan toleransi, yaitu hanya memberikan teguran dan pembinaan.

"Kalau masih membandel maka akan dilakukan penilangan oleh petugas," ujarnya.  

Seharusnya, bus tersebut tidak berjalan karena merupakan kendaraan cadangan untuk berjaga jika terjadi sesuatu pada kendaraan utama.

Iptu Les Pujianto Sat Lantas Polres Blora menambahkan, selain pemeriksaan kelengkapan surat, petugas gabungan juga melakukan pengecekan semua fungsi yang ada pada bus.

"Lampu jarak jauh dekat, riting, alat pemecah kaca, ban, rem dan beberapa fungsi lain," ugkapnya.

Pemeriksaan itu dilakukan dalam upaya menjamin keamaan dan kenyamanan penumpang serta awak bus selama melakukan perjalanan.

"Karena kita masih minim fungsi teknis, jelang arus mudik yang semakin dekat nanti Kepolisian bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Blora, akan rutin menggelar sidak," terangnya.

Petugas melakukan pemeriksaan terhadap 17 unit angkutan.

"Rinciannya 15 unit angkutan AKAP dan 2 unit AKDP," jelasnya (MC Kab.Blora/Teguh/Kus)