Ini Dia Branding Baru 10 Destinasi Pariwisata Indonesia

:


Oleh Untung S, Kamis, 15 Juni 2017 | 11:26 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 689


Jakarta, InfoPublik– Menteri Pariwisata yang diwakili Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (Deputi BP3M) Kementerian Pariwisata (Kemenpar), I Gde Pitana me-launching  The 10 Destination Brandings, guna memperkuat promosi branding Wonderful Indonesia di dunia.

“Kesepuluh destinasi pariwisata ini dinilai paling siap di-branding dalam rangka mendukung brand Wonderful Indonesia dikancah internasional,” ujar I Gde Pitana di di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Jakarta, Rabu (14/6).

Kesepuluh destinasi pariwisata tersebut adalah Bandung (Jawa Barat),  Great Bali, Great Jakarta, Great Kepri, Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat), Medan, Makassar, Lombok, dan Banyuwangi.

Penyusunan dan peluncuran branding terhadap 10 destinasi pariwisata tersebut sebagai upaya penyelarasan master-brand (Wonderful Indonesia) dengan sub-brand (branding destinasi) sehingga memperkuat posisi dari Wonderful Indonesia sekaligus tercipta sinergi antara pemerintah pusat dan daerah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di kancah internasional.

I Gede Pitana mengatakan, untuk meningkatkan pemahaman branding tersebut kepada seluruh pemangku kepentingan, tentu perlu diberikan penjelasan lebih lanjut, agar tercipta sinergi antara pusat dan daerah terkait memajukan pariwisata.

“Kesiapan 10 destinasi pariwisata tersebut telah memenuhi unsur 3A (Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas), dan paling siap sehingga akan mempermudah di-branding  dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang tahun ini ditargetkan sebesar 15 juta dan ditingkatkan menjadi 20 juta pada 2019,” jelas Pitana.

Kementerian Pariwisata sangat konsisten mendukung daerah untuk tampil dalam berbagai kegiatan promosi di mancanegara dengan master brand Wonderful Indonesia. "Saya paham, bukan hanya Pak Presiden Jokowi yang galau memikirkan national brand, tetapi banyak pemimpin dunia pun yang galau memikirkan hal seperti ini," katanya. 

Asdep Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Noviendi Makalam mengatakan,  keistimewaan daya tarik pariwisata di 10 destinasi utama, saat ini dapat dilihat  pada pameran bersamaan dengan acara launching bertempat di lobby lantai 1 Gedung Sapta Pesona. Dalam kesempatan itu, pada booth-booth setiap destinasi akan memperlihatkan dan memperkenalkan branding destinasi dan cara pengaplikasiannya. 

“Putri Pariwisata berada di setiap booth, siap menjelaskan dan membantu pengunjung yang ingin mencari tahu mengenai filosofi 10 branding baru destinasi itu. Serta memberikan kesempatan kepada perwakilan daerah untuk menunjukan keistimewaan dari daerahnya masing-masing melalui booth yang ada,”kata Noviendi.