TNI AD 10 Kali Juara Lomba Tembak AASAM

:


Oleh Yudi Rahmat, Selasa, 30 Mei 2017 | 09:01 WIB - Redaktur: Juli - 995


Jakarta, Infopublik - Tim Tembak TNI Angkatan Darat yang menjuarai Lomba Tembak Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) 17 Tahun 2017, diterima Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono di Aula Serba Guna Markas Besar TNI AD, jalan Veteran,  Jakarta, Selasa (30/5).

Kepala Staf Angkatan Darat menyampaikan ucapan selamat kepada Kontingen TNI AD Lomba AASAM 2017, disertai ucapan terima kasih yang tulus serta apresiasi yang setinggi-tingginya atas prestasi yang telah diraih, yaitu mampertahankan predikat Juara Umum untuk ke-10 kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2008.

Lomba Tembak tahunan AASAM yang diselenggarakan di Australia merupakan event Lomba Tembak Angkatan Darat berskala intemasional yang diikuti negara-negara di kawasan Asia Pasifik. 

Lomba ini dinilai sangat strategis sebagai ajang unjuk keterampilan, dan kemampuan prajurit Angkatan Darat khususnya dalam menembak. TNI AD telah berpartisipasi dalam Lomba Tembak AASAM sejak tahun 2005 dan muiai tahun 2008 berhasil menjadi juara umum  secara berturut-turut.

Pada AASAM ke17 tahun 2017 yang diikuti oleh 20 negara ini, Kontingen TNI AD kembali berhasil mempertahankan juara umum untuk yang ke-10 kalinya dengan perolehan nominal 28 medali Emas, 6 Perak dan 5 Perunggu dari 68 medali emas yang diperebutkan. Kontingen TNI AD pada Lomba AASAM 2017 ini dipimpin Komandan Kontingen Letkol Inf. Josep T. Sidabutar dengan 14 orang anggota Kontingen.

Menurut Mulyono, bukan suatu tugas yang ringan untuk dapat mempertahankan gelar juara umum yang telah diraih  selama 10 tahun berturut-turut ini. Terlebih lagi apabila dihadapkan pada situasi dan dinamika selama pelaksanaan lomba di negara lain.

"Hal ini menunjukkan betapa tangguhnya Kontingen Petembak TNI AD. Terlebih iagi. Pada tahun ini, senjata yang digunakan oleh Kontingan TNI AD diproduksi dl dalam negeri oleh PT Pindad," ucapnya.

Keberhasilan ini juga membuktikan kepada Angkatan Darat negara-negara sahabat, bahwa TNI AD terus membangun diri menjadi tentara modern yang profesional menuju World Class Army yang tangguh dan patut dibanggakan rakyat, bangsa dan negaranya.

Kemenangan ini juga menjadl ajang show of force kemampuan prajurit dan Alutsista TNI AD yang tidak kalah dengan kamampuan dan Alutsista Angkatan Darat negara lain. Sekaligus menjadi daya tangkal yang efektif dalam konteks diplomasi militar intemasional.

Berdasarkan data perolehan medali dari tahun ke tahun. Tuan rumah Australia yang pada AASAM 2016 hanya menduduki peringkat Ito-4 dengan 4 medali emas, tahun ini berhasil duduk sebagal runner up dengan 14 mendali emas. Sementara itu Jepang yang pada AASAM 2016 hanya memih 4 medali emas, pada tahun ini berhasil meraih 10 madali emas. Demikian pula, kontingan Filipina yang merupakan pendatang baru, berhasil memperoleh 4 emas, dan berada di posisi ke empat klasmen  umum.

Secara khusus. Mulyono juga mengucapkan selamat kepada Serda Woli Humsan yang memperoleh penghargaan sebagai petembak tarbaik pada katagori perorangan. Selain itu Kasad juga memberikan hadiah satu unit rumah type 45 kepada Wali Humsan.